Surat Suara Pilwalkot Tiba di Gudang KPU, 262.434 lembar Pilgub dan 264.434 untuk Pilwalkot

Surat Suara Pilwalkot Tiba di Gudang KPU, 262.434 lembar Pilgub dan 264.434 untuk Pilwalkot

Logistik surat suara untuk Pilgub dan untuk Pilwalkot tiba di gudang logistik KPU Kota Cirebon, Minggu (27/10) malam. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Logistik Pilkada Kota Cirebon tahun 2024 terus berdatangan.

 

Setelah 85 persen logistik tiba, Sabtu (26/10) akhir pekan lalu, KPU Kota Cirebon menjemput logistik berupa suara yang sudah selesai diproduksi oleh PT Gramedia di Cikarang, Jawa Barat.

 

Minggu (27/10) siang, dengan pengawalan dan pengawasan ketat, surat suara berisikan foto tiga pasangan calon untuk dicoblos pada tanggal 27 November sudah tiba di gudang KPU pada Minggu malam.

 

BACA JUGA:Perdana di Cirebon, UMC Gelar Lomba Robotika Tingkat Nasional

 

Ketua KPU Kota Cirebon, Mardeko mengungkapkan, PT Gramedia ditunjuk untuk menjadi penyedia logistik Pilkada Kota Cirebon berupa surat suara, dan pencetakan sudah selesai, sehingga saat ini sudah tiba di gudang logistik KPU Kota Cirebon.

 

"Surat suara sudah tiba, Sabtu malam kita konvoi menjemput ke lokasi pencetakan di Cikarang," ungkap Mardeko.

 

Sesuai dengan rencana, surat suara diloading ke truk pengangkut pada Sabtu malam, disaksikan langsung oleh pengawas Pemilu, dan diberangkatkan dari Cikarang pada hari Minggu pukul 10 pagi.

 

BACA JUGA:Koni Kabupaten Cirebon Pelajari Program Unggulan dari Koni Kabupaten Ciamis

 

Dari Cikarang, truk logistik pun dikawal ketat tak hanya oleh Bawaslu, namun juga oleh pihak kepolisian.

 

"Perjalanan dikawal oleh Bawaslu, personel dari Polres Cirebon Kota, dari Kesbangpol dan juga Kejaksaan," lanjut Mardeko.

 

Terkait dengan jumlah sendiri, dijelaskan Mardeko, sesuai dengan ketentuan, pencetakan surat suara dilakukan sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah ditetapkan.

 

BACA JUGA:Ribuan Warga Pesisir di Pinggiran Kota Cirebon Ikuti Tradisi Sedekah Laut

 

Kemudian, jumlah surat suara ditambah sebanyak 2,5 persen dari DPT, untuk cadangan, termasuk 2000 lembar untuk persediaan jika terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU).

 

"Jumlah surat suara untuk Kota Cirebon itu 262.434 lembar. Sejumlah DPT kita, ditambah 2,5 persen. Plus 2000 lembar untuk antisipasi jika PSU," kata Mardeko.

 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Cirebon, Devi Siti Sihatul Afiah menjelaskan, sesuai dengan Perbawaslu nomor 11/2024 tentang Pengawasan Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota, Bawaslu terus melakukan pengawasan Logistik Pemilihan.

 

BACA JUGA:Ketua Komisi III DPRD Dorong Disbudpar Kembangkan Pariwisata di Kota Cirebon

 

"Kami melekat melakukan pengawasan, untuk memastikan logistik tepat jumlah, tepat jenis, tepat kualitas, tepat waktu dan tepat tujuan," ungkap Devi.

 

Adapun hasil pengawasan Bawaslu di percetakan PT.Gramedia Cikarang, disebutkan Devi, pada tanggal 27 Oktober, tepat pukul 10.50 WIB, logistik surat suara telah dikirim ke Kota Cirebon.

 

"Secara jumlah, 262.434 lembar surat suara untuk Pilgub dan 264.434 lembar surat suara untuk Pilwalkot. selanjutnya akan disimpan di Gudang Logistik KPU Kota Cirebon," kata Devi.

 

BACA JUGA:Atlet Bulu Tangkis Anthony Ginting Resmi Menikah dengan Mitzi Abigail

 

Ditambahkan Devi, jumlah yang datang ke Kota Cirebon berbeda 2000, antara Pilgub dan Pilwalkot, karena untui Pilgub, cadangan surat suara untuk PSU disimpan di Provinsi. (sep)

Sumber: