FIS Bersama Kemenpora Kembangkan Potensi Wirausaha Muda

FIS Bersama Kemenpora Kembangkan Potensi Wirausaha Muda

RAKYATCIREBON.ID -Menggandeng Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Forum Indramayu Studi (FIS) berupaya mengembangkan potensi wirausaha muda.

Langkah yang dilakukan diantaranya dengan memberikan pengetahuan dunia usaha bagi pemuda.

Kegiatan yang dilaksanakan melalui zoom meeting pada Kamis (24/3) ini bertajuk Webinar Nasional Kepemudaan Sociopreneurship Edukasi Generasi Milenial.

Adapun temanya Pemuda Bangkit Pulihkan Ekonomi. Kegiatannya dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kapasitas pemuda di Kabupaten Indramayu.

Pesertanya terdiri dari perwakilan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), penggiat kewirausahaan, pengurus karang taruna, pemuda, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispara) Indramayu, Trinani yang tampil sebagai opening speech menggantikan Bupati Indramayu Nina Agustina mengungkapkan, pentingnya para pemuda memiliki pengetahuan tentang dunia wirausaha.

Hal ini mengingat pemuda merupakan generasi yang paling memiliki potensi untuk dapat dikembangkan.

\"Bangkitnya pemuda yang ditandai dengan kemandirian pemuda di dunia usaha akan dapat membangkitkan dan memulihkan ekonomi bangsa,\" ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI, Imam Gunawan yang tampil sebagai pembicara utama menggantikan Deputi 2 Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Asrorun Ni\'am Sholeh menyampaikan pentingnya membangun jiwa kewirausahaan di kalangan pemuda.

Menurutnya, jiwa kewirausahaan di kalangan pemuda harus diawali dengan keinginan dan tekad yang kuat disertai pengetahuan yang memadai. Serta harus pula pandai membaca peluang usaha yang ada.

“Membangun jiwa kewirausahaan harus dimulai dengan keinginan dan tekad yang kuat serta pandai dalam membaca peluang yang ada,” ujar Imam.

Koordinator FIS, Arif Rofiuddin sebagai penggagas kegiatan tersebut menyatakan, tujuan kegiatannya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan pemuda millenial Indramayu.

Terlebih tren dewasa ini menunjukkan mulai banyaknya geliat milenial yang merintis usaha dari skala kecil menengah dan atas.

\"Acara ini bertujuan untuk mencetak talenta baru bagi kalangan milenial dalam membangun jiwa kewirausahaan, dengan harapan dapat mencetak jiwa kemandirian dan kemajuan ekonomi. Sehingga acara ini diharapkan dapat berkelanjutan dibarengi dengan aksi nyata dengan pendampingan usaha yang produktif bagi generasi milenial,\" tandasnya. (tar)

Sumber: