Camat Cantigi Imbau Para Kuwu Kembangkan Potensi UMKM

Camat Cantigi Imbau Para Kuwu Kembangkan Potensi UMKM

RAKYATCIREBON.ID –Camat Cantigi, Ali Alamudin mengimbau para kuwu agar mengembangkan potensi lokal dalam ruang lingkup perekonomian masyarakat. Khususnya pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Ali beralasan, dengan berkembangnya UMKM akan berpengaruh terhadap peningkatan derajat kehidupan masyarakat.

Menurutnya, potensi lokal yang ada di wilayah Kecamatan Cantigi sangat beragam. Ada potensi budidaya air payau seperti komoditas rumput laut, bandeng, udang windu, dan udang vaname.

Juga ada potensi ikan hasil tangkapan para nelayan. “Dengan potensi ini diharapkan masyarakat dapat menumbuhkan UMKM produksi usaha perikanan,” kata Ali kepada Rakyat Cirebon, Senin (14/3).

Imbauan Camat Ali ini selaras dengan keinginan Bupati Indramayu, Nina Agustina. Para camat dan kuwu agar mampu mengangkat kearifan lokal di masing-masing wilayahnya menjadi nilai tambah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ajakan Ali Alamudin tersebut salah satunya disambut baik Kepala Desa Cantigi Kulon, Chaerotunnisa. Bahkan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan dan mendorong pemuda di desanya untuk membantu pemerintah desa mendukung segala upaya program pengembangan UMKM.

“Para pemuda dan pemudi Desa Cantigi Kulon diharapkan memiliki peran untuk membantu pemerintah desa dalam mendorong kemajuan Desa Cantigi Kulon. Seperti terdapatnya UMKM dan home industry di Desa Cantigi Kulon diantaranya ikan krispi gesek dendeng dan sebagainya bisa naik kelas. Upaya ini untuk meningkatkan pendapatan masyarakat,” pungkasnya. (tar)

Sumber: