Operasi Penyelamatan Subholding Upstream Regional Jawa Berhasil Padamkan Kebakaran dan Selamatkan Seluruh ABK

Operasi Penyelamatan Subholding Upstream Regional Jawa Berhasil Padamkan Kebakaran dan Selamatkan Seluruh ABK

RAKYATCIREBON.ID - PHE OSES dan PHE ONWJ yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina Regional Jawa berhasil membantu kebakaran kapal nelayan cumi dalam operasi penyelamatan yang terjadi pada jarak sekitar 24 Km dari Platform Zelda P milik Central Business Unit (CBU) PHE OSES. Pemadaman kebakaran dilakukan oleh kapal CB NMS Accomplish milik PHE OSES dan kapal AHTS Princess Borneo milik PHE ONWJ pada 6 Maret 2022.

Petugas Operator Radio mendapat laporan dari Kapal CB NMS Accomplis pada pukul 10.30 WIB mengenai adanya kepulan asap putih diduga berasal dari kapal yang terbakar. Petugas kemudian segera berkoordinasi dengan Superintendent Production CBU dan selanjutnya menginstruksikan Kapal CB NMS Accomplish yang sedang berada di Platform TITI-A untuk melakukan pengecekan ke lokasi. Juga mengkonfirmasi bahwa kepulan asap putih yang terlihat merupakan kapal nelayan cumi KM Makindo Jaya yang terbakar.

Setibanya di lokasi pukul 11.30 WIB, para ABK Kapal CB NMS Accomplish dibantu oleh berapa personel CBU melakukan tindakan pertolongan dengan memadamkan kapal yang terbakar. Kapal AHTS Princess Borneo dari PHE ONWJ yang berada di sekitar lokasi juga turut membantu melakukan pemadaman.

Kebakaran kapal nelayan cumi berhasil ditangani pada pukul 12.25 WIB, namun beberapa saat kemudian tepatnya pada pukul 12.35 mulai miring dan tenggelam. Kapal AHTS Princess Borneo berhasil melakukan evakuasi para ABK kapal nelayan cumi KM Makindo Jaya sebanyak 11 orang, dan dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran kapal nelayan tersebut.

\"Tidak ada korban jiwa pada kebakaran kapal nelayan ini, semua ABK kapal nelayan berhasil diselamatkan kemudian dipindahkan ke Kapal KM Surya Cemerlang 88 dan kebakaran kapalnya pun sudah berhasil dipadamkan,\" jelas Superintendent CBU PHE OSES, Suroso dan Superintendent Zulu-AVSA PHE ONWJ, Deni A Taufik.

Nahkoda Kapal KM Makindo Jaya, Tama mengungkapkan rasa syukurnya dan berterima kasih atas pertolongan tersebut. \"Terima kasih pada pihak Pertamina yang sudah melakukan tindakan cepat dalam penanganan kebakaran yang dialami oleh kapal kami dan mengevakuasi kami dengan baik sehingga kami semua selamat dari musibah,\" ungkapnya.

Senior Manager Communications Regional 2, Agus Suprijanto menyampaikan, Subholding Upstream Regional Jawa bergerak cepat setelah mendapatkan laporan ada kapal nelayan cumi yang terbakar di sekitaran wilayah operasi kerja. “Hasil koordinasi dan kerjasama yang baik antara PHE OSES dan PHE ONWJ dalam membantu melakukan pemadaman, dan evakuasi ABK kapal nelayan cumi, merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab kami terhadap situasi kejadian wilayah kerja,\" terangnya.

Agus menambahkan, PHE OSES dan PHE ONWJ merupakan KKKS dibawah koordinasi SKK Migas yang beroperasi di lapangan lepas pantai utara pulau Jawa. \"Dalam operasinya senantiasa patuh pada aspek HSSE dan peduli dengan lingkungan,\" pungkasnya. (tar/ril)

Sumber: