Rektor Sumanta Ajak Aktivis Mahasiswa Besarkan Lembaga

Rektor Sumanta Ajak Aktivis Mahasiswa Besarkan Lembaga

RAKYATCIREBON.ID - Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg mengajak aktivitas mahasiswa turut serta membesarkan almamater. Hal itu disampaikan Sumanta pada pelantikan pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Senat Mahasiswa (SEMA) tingkat institut, Kamis (10/2).

Menurut Sumanta, kiprah seorang aktivis bakal berdampak besar bagi masyarakat jika menggabungkan tiga kecerdasan utama yakni intelektual, emosional dan spiritual dalam berbagai pergerakannya.

\"Aktivis dulu kita lihat biografinya mereka kuliah tidak cukup hanya 4 tahun. Mereka kuliah 8 tahun, 10 tahun sehingga mereka mewarnai kehidupan masyarakat,\" ungkap Sumanta.

Dia menambahkan, aktivis sejati ialah yang konsisten menjaga dan membesarkan nama almamaternya. Seraya terus mengasah keterampilan leadership di berbagai sektor.

\"Secara akademik mampu mengasah keterampilan. Dari sisi psikomotoriknya, akhlaknya luhur, insya Allah. Walaupun muda akan dinilai akan dihitung dalam berbagai segmen kehidupan kita,\" katanya.

Nalar kritis seorang aktivis hendaknya digunakan untuk hal-hal yang konstruktif. Membangun citra institusi yang konstruktif. Bukan melakukan hal yang berkebalikan.

\"Juga akan menjadi aktivis-aktivis yang kritis yang bisa memberikan masukan-masukan yang konstruktif bagi lembaga. Tidak justru sebaliknya. Melakukan sesuatu yang destruktif yang menghancurkan lembaga kita,\" ucapnya.

Sumanta menegaskan, institusi perguruan tinggi bukan milik rektor atau unsur pimpinan lainnya. Melainkan milik seluruh masyarakat. Mahasiswa sebagai civitas akademika pun punya tanggung jawab menjaga dan membesarkan nama baik institusi.

\"Kita harus bisa mengangkat citra lembaga kampus yang kita besarkan bersama. Kampus ini milik kita bersama. Bukan milik rektor, wakil rektor, bukan milik dekan, tapi milik kita bersama,\" katanya.

Sumanta menegaskan, masa depan ada di genggaman aktivis mahasiswa saat ini. Pasalnya, generasi senior sebentar lagi masuk masa senja. Sehingga regenerasi harus berjalan. Para aktivis harus ambil bagian..

\"Dan kita bagian yang senantiasa mengisi dari masa ke masa. Masa saya sudah mencapai senja, ke depan yang akan terbit adalah saudara-saudara sekalian,\" katanya.

Berkaitan dengan itu, Sumanta merasa bangga lantaran para aktivis yang mengisi kepengurusan organisasi mahasiswa tertinggi di IAIN Cirebon merupakan mahasiswa berprestasi. Dia optimis bakal mampu menjadi bagian dalam pengembangan almamater.

\"Saya merasa bangga atas pelantikan pengurus DEMA - SEMA yang semakin tertib. Diisi orang-orang yang berprestasi. Saya yakin dengan kecerdasan yang dimilik baik dari intelektual, emosional dan spiritual akan mampu menata organisasi SEMA dan DEMA ini dengan baik,\" pungkasnya. (wan)

Sumber: