Survei Terbaru; Suara Nasdem, PPP, dan PAN Belum Meyakinkan

Survei Terbaru; Suara Nasdem, PPP, dan PAN Belum Meyakinkan

RAKYATCIREBON.ID - Dukungan pemilih pada partai Nasdem, PPP dan PAN belum meyakinan karena belum mendapat dukungan publik di atas ambang batas parlemen, 4 persen. Demikian salah satu temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Prospek Partai Politik dan Calon Presiden: Kecenderungan Perilaku Politik Pemilih Nasional” yang dirilis secara online pada Selasa, 28 Desember 2021 di Jakarta.

Survei SMRC ini dilakukan pada 8-16 Desember 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung. Jumlah sample awal 2420 yang dipilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 2062 atau 85%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 2,2 % pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, dalam presentasi hasil surveinya menunjukkan bahwa pada survei kali ini, Nasdem mendapat dukungan publik sebesar 3,4 persen, PPP 2,7 persen, dan PAN 1,8 persen.

“Ketiga partai ini tidak mengalami perubahan berarti dalam dua tahun terakhir,” terang Abbas. “Pada survei Maret 2020, Nasdem didukung 3 persen. Sementara PPP dan PAN mendapatkan suara sekitar 2,4 dan 2,3 suara.” (ing)

Sumber: