Kodim 0617 Ingin Cetak Sawah Sebanyak Lima Hektare

Kodim 0617 Ingin Cetak Sawah Sebanyak Lima Hektare

RAKYATCIREBON.ID - Kodim 0617/Majalengka terus mengupayakan cetak sawah baru untuk menanggulangi alih fungsi lahan pertanian. Salah satunya di wilayah Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto melalui Danramil 1715/Kertajati, Kapten Inf Maman mengatakan, pihaknya menargetkan dapat mencetak sawah di wilayah tersebut sebanyak lima hektare.

\"Namun yang baru bisa ditanam perdana saat ini, sekitar satu hektare sawah baru dengan jenis tanaman padi inpari 32,\" ungkap Kapten Inf Maman, Sabtu (18/12).

Menurut Maman, lokasi cetak sawah Kodim 0617/Majalengka tersebut, berada di Blok Dusun Banggala, Desa Palasah, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

\"Tanam padi perdana kali ini, dilaksanakan oleh koramil 1715/Kertajati bersama warga masyarakat Banggala,\" jelasnya.

Dia mengharapkan nantinya para petani dapat memanfaatkan lahan sawah baru untuk meningkatkan produksi pertanian, khususnya padi.

Maka dengan cetak sawah baru lagi akan menambah nilai produksi dan pendapatan petani.

\"Ini juga sekaligus termanfaatkan lahan yang belum tergarap, sekaligus sebagai antisipasi alih fungsi lahan yang sangat signifikan di Kabupaten Majalengka,\" ujarnya.

Untuk diketahui, luas lahan baku sawah di Kabupaten Majalengka, terus berkurang seiring semakin gencarnya alih fungsi lahan terutama untuk pemukiman baru dan pabrik/berbagai industri lainnya.

Karena hal itu, lanjut dia, tidak bisa dibendung, lantaran Kabupaten Majalengka yang merupakan Jawa Barat bagian timur tersebut akan menjadi kota metropolitan dengan hadirnya BIJB Kertajati.

\"Oleh karena itu, program cetak sawah baru harus terus berlanjut dan ini diharapkan dapat mengantisipasi penurunan luas lahan sawah produktif di Kabupaten Majalengka,\" jelasnya.(hsn)

Sumber: