Pemkab Majalengka Kebut Pemulihan Sektor Ekonomi Kreatif

Pemkab Majalengka Kebut Pemulihan Sektor Ekonomi Kreatif

RAKYATCIREBON.ID - Pasca terpuruk akibat pandemi Covid-19, ekonomi kreatif di Kabupaten Majalengka, terus berjuang menjadi garda terdepan dalam mengambil bagian untuk mendongkrak sebagai pemulihan ekonomi masyarakat.

Menurut Bupati Majalengka, Karna Sobahi, upaya tersebut dilakukan dengan mengadakan sejumlah program unggulan guna mempercepat pemulihan sektor ekonomi kreatif.

\"Alhamdulillah, kegiatan ekonomi kreatif di Kabupaten Majalengka saat ini sudah dikenal di tingkat Nasional dengan masuknya nominasi 10 besar Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif di Indonesia,\" ungkap Karna Sobahi, Sabtu (4/12).

Salah satunya, kata dia, ialah seni budaya yang tumbuh dan berkembang secara kreatif dan dinamis. Yakni, seni kriya atau seni kerajinan.

Tentu dengan harapan dalam masa pandemi sekarang ini, kegiatan ekonomi kreatif di Kabupaten Majalengka dapat mendongkrak sebagai pemulihan perekonomian masyarakat.

\"Bahkan, saat ini Pemerintah Daerah Majalengka, akan berikan beberapa spot di Taman Sejarah untuk para pelaku kreatif guna menampilkan produk hasil kreativitasnya atau pertunjukan seni kreatif lainnya. Sehingga produk-produk atau seni kreatif asli Kabupaten Majalengka dapat dikenal oleh masyarakat,\" harapnya.

Ia berharap, dengan keberhasilan Kabupaten Majalengka dengan masuknya 10 besar KaTa di Indonesia kreatif, dapat kembali tercapai seiring dengan pemulihan ekonomi nasional.

Bahu membahu menciptakan inovasi juga menjadi salah satu strategi pemerintah untuk mewujudkan target tersebut.

\"Inovasi merupakan nafas dari keberlangsungan industri kreatif di Majalengka. Jika inovasi dan kreativitas dapat berjalan beriringan, maka pemulihan ekonomi, khususnya ekonomi kreatif, akan semakin mudah diwujudkan,\" jelasnya.(hsn)

Sumber: