Pohon “Durian Perwira” Sinapeul Berusia 250 Tahun; Sekali Panen 300 Buah, Dapat Lisensi Kementerian Pertanian

Pohon “Durian Perwira” Sinapeul Berusia 250 Tahun; Sekali Panen 300 Buah, Dapat Lisensi Kementerian Pertanian

RAKYATCIREBON.ID - Sebuah pohon durian di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, memiliki keunikan karena tetap berbuah meski usianya diperkirakan sudah 250 tahun. Pohon durian berusia 2,5 abad itu, diberi nama \'Perwira\' dan berada di Blok Sinapeul, Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka.

Pohonsetinggi sekitar 50 meter tersebut, tumbuh di pekarangan rumah seorang warga bernama Heri Saptanto (53), sekaligus pedagang durian di desa setempat.

Heri bersama istrinya Titin Susilawati (49) mengaku, pohon tersebut sudah turun-temurun dimiliki oleh keluarganya.

\"Diperkirakan mah ada sekitar 250 tahun. Tapi belum pasti juga sejak kapan pohon ini tumbuh. Karena saya juga dapat cerita dari orang tua ke orang tua sampai ke saya,\" kata Heri, kemarin.

Lebih lanjut, Heri menjelaskan, pemberian nama pohon durian Perwira tersebut dari seorang mantan Danjen Kopassus, almarhum Letjen Kuntara.

\"Pohon ini diberi nama sama Pak Kuntara. Beliau juga sering makan durian di sini dulunya. Langganan ke sini juga dulunya,\" jelas dia.

Pohon durian ini, jelas dia, sudah mendapat lisensi dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. \"Pohon ini juga sudah mendapat lisensi dari kementerian. Jadi saya gak bisa sembarangan tebang. Tapi kalau buahnya mah secara hak punya saya,\" ungkapnya.

Sementara itu, kata Heri, meski usianya sudah 2,5 abad, tetapi pohon tersebut masih menghasilkan buah. Setidaknya 2 kali panen dalam setahun.

\"Sekitar 300 buah mah ada sekali musim (panen). Panen tahap pertama itu dari bulan September sampai November. Tahap keduanya bulan Februari sampai Maret,\" jelasnya.

Pohon durian itu juga, kata Heri, menjadi induk pohon-pohon durian perwira di Desa Ujungberung.

\"Di sini hampir setiap warga memiliki pohon durian di masing-masing lahannya. Pohon-pohon durian di sini, induknya itu ya pohon durian Perwira ini,\" tandasnya. (hsn)

Sumber: