Bupati Majalengka Waswas Terjadi Ledakan Kasus Covid-19

Bupati Majalengka Waswas Terjadi Ledakan Kasus Covid-19

RAKYATCIREBON.ID - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Pemerintah Kabupaten Majalengka akan berkomunikasi dengan Pemda Kuningan, Cirebon dan Indramayu.

Rencana tersebut terkait pembangunan pos cek poin atau penyekatan di wilayah perbatasan untuk mengantisipasi adanya kerumunan, maupun arus mudik Nataru.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Majalengka, Dr H Karna Sobahi MMPd saat ditemui Rakyat Cirebon, di kantornya, Selasa (30/11).

Karna khawatir terjadi kerumunan saat Nataru yang bisa memicu kenaikan kasus Covid-19.

“Jadi pola pelaksanaan pengamananya kita sesuai instruksi Mendagri dan pola yang akan kita jalankan sama dengan pola penerapan level 3 PPKM. Diantaranya pengetatan objek wisata, ruang publik, dan soal perbatasan kita akan kerjasama dengan Kabupaten tetangga,” ujarnya.

Selain itu, Karna mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi terkait penyebaran Covid-19 di Majalengka dan program 20 hari pihaknya berhasil melakukan kegiatan vaksinasi terhadap 335.000 dan akan lanjutkan dengan program door to door, dan vaksinasi mobile.

Saat ini, kata dia, Kabupaten Majalengka mendapatkan bantuan 10 unit ambulans. Ditambah dengan ambulans yang ada sehingga total ada sekitar 59 unit yang akan terus mobile melakukan vaksinasi keliling. Bukan hanya dari desa ke desa, melainkan langsung ke tingkat Blok atau RT dan RW.

“Sekarang polanya bukan rakyat yang diundang, tapi kita sendiri yang akan mendatangi mereka untuk divaksin,”jelasnya.

Dia mengungkapkan, tingkat keberhasilan Kabupaten Majalengka dalam penanganan Covid-19 di tingkat Jawa Barat tergolong cukup baik.

Sebab, Majalengka saat ini masuk dalam sebelas Kabupaten terbaik di Jabar dalam hal vaksinasi dan penerapan Prokes.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Majalengka merilis adanya penambahan jumlah pasien terpapar Covid-19, Selasa (30/11).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka, Agus Susanto mengatakan, ada penambahan pasien sebanyak delapan orang.

\"Hari ini (kemarin, red) per Selasa 30 November 2021, telah terjadi lagi penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Majalengka, sebanyak delapan orang,\" kata Agus Susanto.

Jadi, kata dia, total secara keseluruhan pasien terkonfirmasi di Kabupaten Majalengka, hingga saat ini mencapai 11.729 kasus. Selain penambahan jumlah pasien, juga terjadi kesembuhan sebanyak 2 orang.

Sumber: