BSI Sediakan Foodcourt untuk Relokasi PKL Depan Kampus IAIN

BSI Sediakan Foodcourt untuk Relokasi PKL Depan Kampus IAIN

RAKYATCIREBON.ID – Upaya meningkatkan kesejahteraan pedagang kaki lima (PKL) yang mangkal di depan kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon dilakukan Bank Syariah Indonesia (BSI) Area Cirebon. Sebanyak 15 lapak foocourt bakal dibangun di dalam areal kampus. Sehingga para PKL bisa berjualan tanpa memakan bahu jalan.

Area Manager BSI Cirebon, Siti Syafriah menjelaskan, pembangunan foodcourt tersebut merupakan komitmen BSI untuk pemberdayaan UMKM di Cirebon. Peletakan batu pertama pembangunan foodcourt dilakukan Rabu (23/6) oleh pimpinan BSI Cirebon dan pimpinan IAIN Cirebon.

“Pertama ini yang kita komitmenkan untuk pemberdayaan PKL dan UMKM juga untuk mensukseskan sistem digital payment. Itu semuanya juga terkait program pemerintah. Baik yang melalui Bank Indonesia maupun Pemda setempat,” katanya.

Selain menyediakan foocourt, BSI juga memfasilitasi pembayaran di foodcourt tersebut dengan layanan digital payment. Hal itu juga sebagai bentuk pemanfaatan teknologi finansial yang makin berkembang.

“Payment nya bisa menggunakan debet card bisa juga QRIS. QRIS itu juga program pemerintah melalui Bank Indonesia terutama dalam kondisi sekarang pandemi ini sangat sesuai yah untuk mengurangi peredaran uang palsu,” ujar dia.

Menurut wanita yang akrab disapa Nanu ini, BSI memfasilitasi pembangunan foodcourt di area kampus IAIN Cirebon sebagai bentuk kepedulian kepada para mitra. IAIN Cirebon termasuk salah satu mitra BSI yang menjalin kerja sama dengan baik.

“Kita sebagai mitra cukup bagus kerja samanya. Kami sebagai BSI ingin menjadi mitra selain mitra finansial juga spiritual dan sosial. Jadi semua aspek baik di dunia maupun akhirat itu kita persiapkan untuk semua mitra kita,” katanya.

Nanu menjelaskan, BSI dan IAIN Cirebon telah membangun kerja sama antara lain fasilitasi cash management, pemagangan mahasiswa, hingga beasiswa.  Selain itu, BSI juga bakal menjalin kerja sama dengan IAIN Cirebon di bidang layanan digital payment bagi masyarakat kampus.

“Kita tergantung kebutuhan masing-masing institusi. Kami berusaha mewujudkan apa yang dibutuhkan mitra dan masyarakat sekitarnya,” ujar dia.

Sementara itu, Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg mengatakan, dengan dibangunnya foodcourt, pihaknya optimis bakal mendatangkan banyak manfaat. Misalnya manfaat ketertiban lalu lintas dan dan membantu PKL mendapatkan tempat berjualan yang layak. (wan)

Sumber: