Dr H Sumanta Hasyim MAg, Jaga Kearifan Lokal

Dr H Sumanta Hasyim MAg, Jaga Kearifan Lokal

RAKYATCIREBON.ID - Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg menegaskan pentingnya keterlibatan akademisi dalam menjaga dan melestarikan kearifan lokal di Cirebon.

Menurut Sumanta, Cirebon memiliki kekayaan histori. Dan IAIN Cirebon punya wadah kajian yakni Cirebones Corner. Sebagai upaya untuk optimalisasi khazanah yang kaya yang luar biasa dari sisi historis dan itu menjadi alasan penting tatkala IAIN Cirebon diajak menjadi mitra untuk mengadakan suatu kegiatan Dialog Budaya.

Begitu pun pelestarian bahasa Cirebon. Sebuah bahasa yang memiliki keunikan. Dari sisi wilayah, Cirebon pertemuan antara budaya Sunda dan Jawa dan melahirkan suatu bahasa yang memiliki karateristik dan diikuti oleh beberapa wilayah lain. Terutama yang berada di bawah kekuasaan Kasultanan Cirebon pada saat itu dan sampai sekarang masih dijadikan bahasa lokal.

“Seperti di Cirebon sendiri, Indramayu, Majalengka perbatasan, Kuningan perbatasan kemudian Banten. Karena Banten ini kerajaan yang didirikan oleh anaknya Sunan Gunungjati, termasuk Jakarta sebagian, Karawang, Bekasi itu daerah pinggiran masih menggunakan bahasa Cirebon. Subang juga sama,” katanya. (wan)

Sumber: