Dr Aqua: Jangan Lupakan Nilai-Nilai Luhur Tribrata dan Catur Prasetya

Dr Aqua: Jangan Lupakan Nilai-Nilai Luhur Tribrata dan Catur Prasetya

RAKYATCIREBON.ID - Nilai-nilai luhur Kepolisian Republik Indonesia dalam bentuk Tribrata dan Catur Prasetya harus benar-benar dilaksanakan dengan penuh semangat, tanggung jawab, dan keikhlasan. Setiap anggota Polri jangan pernah melupakan pedoman hidup dan pedoman kerja yang sejak awal berdirinya Polri menjadi nilai-nilai yang melekat pada lembaga pengayom dan pelindung masyarakat tersebut.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana kembali mengingatkan hal itu pada Sharing Komunikasi dan Motivasi yang disampaikan di Gedung Baramahkota Polres Madiun Kota, Jawa Timur, Senin 14 Juni 2021 kemarin.

Kehadiran penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim tersebut atas undangan Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan. Acaranya telah lama direncanakan dan baru terealisasi kemarin karena kesibukan masing-masing.

Dr Aqua selain Sharing Komunikasi dan Motivasi, juga silaturahim dengan para wartawan dan netizen yang dilaksanakan pada Senin siang kemarin di resto Omah Cabe Jalan Pahlawan Madiun. Hadir dalam pertemuan tersebut wartawan senior Santoso. Dewa yang memfasilitasi semua acara itu.

Tema Sharing Komunikasi dan Motivasi yang disampaikan Dr Aqua adalah \"Peran Polri di Era 4.0 Dalam Menghadapi Tantangan Tugas di Masa Pandemi Covid-19 untuk Mewujudkan Kamtibmas Kondusif Menuju Polri yang Presisi\".

“Hal ini barangkali terkesan klise akan teapi kalau kita mampu menjalankannya dengan ikhlas dan penuh kesungguhan maka hal itu sudah menjadi bagian dari ibadah kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, pedomani dan wujudkan nilai-nilai luhur itu yang juga akan menempatkan kita menjadi pribadi-pribadi terhormat dan disegani masyarakat,” ungkap Dr Aqua.

Doktor dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) itu mengatakan Tribrata dan Catur Prasetya harus menjadi roh pada setiap anggota Polri. Tutur kata dan perilakunya agar mencerminkan hal tersebut.

Jika dapat secara konsisten melaksanakannya dengan tulus ikhlas, lanjut Dr Aqua, balasan yang diterima dari Tuhan tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat kelak. Jadi hasilnya dahsyat dan luar biasa.

\"Makanya saya tidak pernah ragu mengatakan bahwa para anggota Polri adalah ahli surga. Makhluk Tuhan yang akan masuk surga,\" kata Dr Aqua serius yang diamini oleh para peserta.

Setelah mendalami Tribrata dan Catur Prasetya, penulis banyak buku \"best seller\" itu mengapresiasi para senior di Polri yang merumuskannya. Mereka visioner karena dua hal itu relevan buat sepanjang masa dan isinya komprehensif sekali.

Menurut doktor Komunikasi dari  Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) ini, memperkuat kemampuan komunikasi anggota Polri sangat strategis untuk mewujudkan Polri yang Presisi sebagaimana telah dicanangkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Polisi harus lebih humanis saat memberikan pelayanan kepada masyarakat, tidak berbelit-belit dalam pengurusan surat. Ucapan anggota yang sopan dan tidak arogan ketika menyelesaikan berbagai kasus. Kemudian, dekat dengan masyarakat, melibatkan masyarakat dalam mendukung patroli keamanan Sabhara dan patroli lalu lintas sebagai bentuk tindakan preventif,” kata Dr Aqua menguraikan.

Penulis buku \"super best seller\" Trilogi The Power of Silaturahim itu melanjutkan, setiap anggota Polri juga harus memahami bahwa perlindungan masyarakat lebih diutamakan dalam menjaga pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Hukum memang harus ditegakkan, tetapi tetap melakukannya secara humanis. Pelayanan lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat.  Selanjutnya, mengedepankan pemecahan masalah dengan musyawarah, dan menjadikan proses hukum sebagai upaya terakhir. Peran Polsek lebih dimaksimalkan dalam fungsi pencegahan, tak lagi semata prioritas menyidik perkara,” kata pria dengan jejaring pertemanan yang luas tersebut.

Sumber: