Masa Depan Suram Muslim Uighur, Pemimpin Dunia Islam Bungkam

Masa Depan Suram Muslim Uighur, Pemimpin Dunia Islam Bungkam

“Saya tidak berpikir ada ketakutan langsung terhadap retribusi atau tekanan,” kata Dawn Murphy, pakar hubungan China-Timur Tengah di Princeton University. “Saya berpikir bahwa elit dari berbagai negara ini menimbang kepentingan mereka, dan mereka membuat keputusan untuk terus memiliki hubungan positif dengan China karena hal itu lebih penting daripada mengangkat masalah hak asasi manusia ini.”

Tetangga dekat Xinjiang, seperti Pakistan, Afghanistan, dan Kazakhstan, menghadapi situasi yang sangat sulit. Penganiayaan yang sedang berlangsung telah terjadi pada sebagian dari warga mereka sendiri, atau keluarga mereka. Namun dengan hubungan ekonomi dan geopolitik yang erat dengan China, negara-negara ini sangat enggan untuk angkat bicara. Pakistan menganggap China sebagai penyeimbang vital untuk melawan India, dan hubungan mereka, kadang-kadang disebut sebagai “persaudaraan yang erat,” sejak puluhan tahun lalu.

Tetapi ada alasan lain di balik pengabaian nasib orang Uighur. Mereka berada di ujung dunia Muslim, berbeda dengan Palestina, yang secara langsung terkait dengan nasib salah satu kota suci Islam, Yerusalem. China memiliki sedikit tempat dalam imajinasi budaya Islam, berbeda dengan hubungan Muslim yang penuh dengan gagasan tentang negara Yahudi. Bahkan ketika kehadiran China di Timur Tengah tumbuh, krisis ini tidak mendapat kehadiran Amerika Serikat atau Israel.

Keberhasilan China dalam menghentikan akses ke Xinjiang adalah alasan lainnya. Video yang menggambarkan penderitaan orang Palestina muncul di YouTube setiap hari. Wawancara dengan kaum Rohingya yang penuh air mata di Al Jazeera dan media global lainnya. Perwakilan dan pendukung Palestina berbicara dan menulis di media. Tetapi hanya beberapa berita saja yang keluar dari Xinjiang karena pembatasan akses pers dan kuatnya aparat sensor negara.

Hal itu berarti dunia hanya bisa melihat dari rekaman satelit buram dari kamp interniran. Bahkan orang Uighur yang telah melarikan diri seringkali hanya bisa berbicara secara anonim, karena intelijen China secara teratur mengancam penganiayaan terhadap keluarga mereka di daerah asalnya jika mereka angkat bicara.

Lebih sulit lagi untuk membangkitkan simpati tentang perkara baru daripada yang sudah ada. Bagi para pemimpin yang lebih peduli tentang popularitas mereka sendiri daripada hak asasi manusia, ini adalah sesuatu yang mudah. “Orang cenderung lebih memperhatikan masalah semacam ini,” kata Ahmad Farouk Musa, direktur organisasi non-pemerintah Malaysia, Islamic Renaissance Front. “Anda mendapatkan popularitas jika Anda menunjukkan Anda anti-Zionisme dan jika Anda berjuang untuk Palestina, dibandingkan dengan kaum Rohingya atau Uighur.”

Namun ada dua tempat, di mana mungkin ada harapan akan pembelaan dari suatu kepemimpinan. Salah satunya adalah Asia Tenggara, di mana Indonesia dan Malaysia adalah dua dari sedikit negara demokrasi yang mayoritas Muslim. Keduanya memiliki pers yang relatif bebas, memiliki masyarakat sipil yang aktif, dan, yang penting, secara geografis dekat dengan China, memberi negara raksasa itu lebih banyak kehadiran dalam kesadaran publik lokal. Perasaan anti-China kuat di kedua negara ini, terutama Indonesia.

Malaysia akan memberi perhatiannya setelah pemilu bersejarah baru-baru ini. China adalah masalah utama kampanye, karena hubungannya dengan skandal besar-besaran 1MDB yang bernilai miliaran dolar. Pemerintahan baru ini telah bersikap tegas dengan China, dengan menteri keuangan baru, Lim Guan Eng, yang berjanji untuk meninjau semua transaksi perdagangan negaranya dengan China dan menangguhkan beberapa proyek yang ada.

“Orang-orang China sangat berpengaruh untuk memberikan pinjaman kepada (mantan Perdana Menteri) Najib (Razak) agar ia tetap berkuasa, jadi mereka merasa harus melakukan apa pun yang diperintahkan China,” kata Musa. “Saya berharap bahwa pemerintah baru ini akan mengubah kebijakan mereka dan akan menjadi lebih sensitif terhadap masalah ini dan tentang hak asasi manusia.”

Ujian pertama ini akan segera terjadi, karena pemerintah China telah menuntut deportasi 11 pencari suaka Uighur dari Malaysia. Pemerintahan baru ini, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Mahathir Mohamad, mungkin tidak akan mengabulkan tuntutan China, berbeda dengan pendahulunya.

Tempat lain yang akan memberikan perhatiannya adalah Turki, yang memiliki hubungan budaya yang kuat dengan orang Uighur yang berbahasa Turki dan merupakan rumah bagi komunitas pengasingan terbesar di Uighur. Pada tahun 2009, ketika kerusuhan terjadi di Urumqi, hanya pemimpin Turki, Recep Tayyip Erdogan, yang angkat bicara. Turki juga telah mengalami satu-satunya protes yang meluas terhadap perlakuan China terhadap orang-orang Uighur, terakhir pada tahun 2015.

“Turki adalah satu-satunya negara besar yang kepemimpinannya serta masyarakat luasnya menyadari penganiayaan Uighur di Turkestan Timur,” kata Alip Erkin, aktivis Uighur yang saat ini tinggal di luar negeri.

Tetapi otoriterisme Turki yang semakin berkembang telah menyebabkan Turki semakin menganggap China sebagai sekutu yang memungkinkan untuk melawan Barat. Sejak Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, mengunjungi China tahun lalu dan mengatakan negaranya akan menghapuskan “laporan media anti-China,” perhatian yang diberikan kepada orang-orang Uighur menjadi lebih sedikit, termasuk di jalanan.

Namun, banyak orang Uighur yang masih menyimpan harapan kepada pemerintahan Turki.

“Banyak orang Uighur beranggapan Turki bisa menjadi pembela utama bagi orang Uighur ketika saatnya telah tiba,” kata Erkin.

Sumber: