Dialog Keberagaman, Jubir Aliran Kepercayaan Dayak Losarang: Teguh Jalankan Keyakinan dan Jaga Harmoni

Dialog Keberagaman, Jubir Aliran Kepercayaan Dayak Losarang: Teguh Jalankan Keyakinan dan Jaga Harmoni

RAKYATCIREBON.ID-Peace Train berkunjung ke Kepercayaan Dayak Losarang Indramayu Jawa Barat.

Wardi, Juru Bicara Aliran Kepercayaan Dayak Losarang menjelaskan, kepercayaan ini sudah ada sejak abad ke-18. Dalam perjalanannya, mengalami beberapa kali pergantian nama.

Kepercayaan Dayak murni berasal dari Indramayu. Kata \"dayak\", atau dalam bahasa setempat \"ngayak\" berarti menyaring. Antara yang baik dan yang benar, antara yang dalam dan yang luar, antara bumi dan langit.

Di tengah kuatnya arus globalisasi, mereka tetap teguh menjalankan kepercayaan yang telah dianut. Menjaga harmoni dan keseimbangan.

Kepercayaan Dayak sangat menjaga apa-apa yang dimakan, diucapkan dan dilakukan. Tidak boleh sembarang memakan yang bukan haknya. \"Walaupun seorang Dayak menemukan buah yang jatuh di tanah, tidak boleh mengambilnya apalagi memakannya,\" ungkap Wardi, Sabtu (24/1).

Kepercayaan ini juga sangat menghargai perbedaan. Mereka merangkul semua agama. Sangat dilarang untuk menyakiti. \"Daripada mengaku benar, lebih baik mengaku salah,\" ujar Wardi.

Para peserta sangat antusias, bertanya tentang banyak hal. Pertanyaan demi pertanyaan dijawab dengan baik dan terbuka. Kunjungan dan dialog ini ditutup dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama. (*)

Sumber: