IAIN Cirebon Berangkatkan 1.572 Mahasiswa KKN ke Brebes

IAIN Cirebon  Berangkatkan 1.572 Mahasiswa KKN ke Brebes



RAKYATCIREBON.CO.ID – Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg melepas 1.572 peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN), Rabu (10/7) di halaman rektorat kampus setempat.  KKN tahun ini dilakukan selama 40 hari mulai Rabu (10/7) hingga Selasa (20/8) di 105 desa dari 7 kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Sumanta menjelaskan, KKN tahun merupakan kali kedua di Brebes. Melanjutkan KKN sebelumnya, Sumanta ingin, mahasiswa KKN betul-betul melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat. Berbekal ilmu yang didapat selama perkuliahan, mahasiswa KKN disiapkan guna mendukung potensi desa-desa di Brebes.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengimplementasikan ilmunya. Karena masyarakat adalah laboratorium yang nyata, yang mana itu harus dijadikan sebuah proses pembelajaran dan pengabdian mahasiswa,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon.

Sumanta melanjutkan, salah satu unsur tri Dharma Perguruan Tinggi, selain proses pengajaran, juga ada penelitian dan pengabdian. Sehingga tema KKN 2019 ini adalah Aktualisasi Pembelajaran dan Pengabdian kepada Masyarakat Melalui Riset.

“Jadi mahasiswa mengabdi itu atas dasar penelitian atau riset di lapangan. Sehingga kebutuhan-kebtuhan itu adalah yang riil di masyarakat, karena antara desa dengan desa lain, kecamatan dengan kecamatan lain, kebutuhan-kebutuhan yang menjadi hajat masyarakat itu berbeda,” ujar Sumanta.

Selain itu, menurut dia, melalui KKN ini mahasiswa dapat melakukan interaksi sosial dengan masyarakat secara langsung. “Disitulah harapan kami, sehingga para mahasiswa ini memperoleh proses pendewasaan,” ujar Sumanta.

Hal senada disampaikan Ketua Lembaga Pengabdian dan Penelitian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Ahmad Yani MAg, tujuan KKN ini untuk mewujudkan salahsatu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu perpengabdian IAIN Cirebon kepada masyarakat.

Kemudian, kata dia, melalui kegiatan ini juga dapat terciptanya kondisi saling belajar antara mahasiswa dengan masyarakat sasaran. Sehingga dapat menumbuhkan nilai-nilai dasar yang menyangkut pemahaman dan menghayati kondisi riil masyarakat perdesaan, perkotaan, komitmen kepedulian kepada masyarakat, meningkatnya soft skill  atau kepemimpinan, disiplin, tanggungjawab, sosialisasi, dan adaptasi terhadap mahasiswa.

“Tahun ini KKN kita di Kabupaten Brebes lagi, karena kita sudah melakukan MoU yang setiap 5 tahun sekali diperbaharui. Sebenarnya KKN tahun 2019 ini adalah kelanjutan dari KKN tahun lalu. Jika tahun lalu kita melakukan pemetaan masalah, sedangkan tahun ini adalah untuk pemecahan masalahnya,” tandasnya. (wan)

Sumber: