Kota Cirebon Menuju Smart City, Sistem Kelurahan Segera Online

Kota Cirebon Menuju Smart City, Sistem Kelurahan Segera Online

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Seiring dengan gencarnya Pemerintah Kota Cirebon melakukan gerakan menuju Smart City, kelurahan pun tak luput dari sasaran, dimana beberapa program di kelurahan akan ditransformasikan keadalam sistem elektronik.

\"pemkot
Program Smart City. Foto: Asep/Rakyat Cirebon
Salahsatu program Smart City yang sedang disiapkan untuk digitalisasi program di Kelurahan adalah Sistem Elektronik Administrasi Umum Kelurahan atau disingkat Sedulur.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistika (DKIS) Kota Cirebon, Iing Daiman SIP menyampaikan bahwa program Sedulur ini akan mentransformasikan semua dokumen di kelurahan kedalam sistem digital.

Untuk persiapannya sendiri, saat ini program tersebut akan mulai diuji cobakan di semua kelurahan yang ada di Kecamatan Harjamukti.

\"Untuk tahap awal, kita akanmulai dengan lima kelurahan di Kecamatan Harjamukti, kita sudah mulai melatih para operatornya yang juga adalah perangkat dari masing-masing kelurahan,\" ungkap Iing.

Pada pengembangannya nanti, lanjut dia, program ini akan mempermudah pelayanan kepada masyarakat, dimana semua sistem pelayanan yang tadinya manual akan bisa diakses dengan mudah dengan sistem komputer dan jaringan internet.

\"Kedepannya memang disispkan untuk pengarsipan elektronik dengan tujuan tetap memaksimalkan pelayanan, jadi nanti warga bisa mengajukan pembuatan surat apapun secara elektronik dan arsipnya juga ada di online,\" jelas Iing.

Pada tahap awal, Program sedulur ini diharapkan mampu mempermudah masyarakat yang ingin mengurus persuratan di kelurahan, namun tidak memiliki waktu karena berbagai kesibukan, sehingga mereka bisa mengaksesnya melalui sistem Sedulur.

\"Jadi nanti kalau mau surat apa saja, contoh pengantar pembuatan KTP, tinggal mengajuka melalui Online, disana akan ada syarat-syaratnya, lalu penuhi dan surat akan dibuatkan oleh kelurahan, nanti tinggal mengambil saja, itu sedikit contoh manfaat dari Program Sedulur ini,\" tutur Iing.

Sementara itu, salahsatu Lurah di Kecamatan Harjamukti, Mimin Minarsih optimis program yang disiapkan tersebut akan mampu meningkatkan kualitas pelayanan di masyarakat.

\"Itu program yang bagus mas, dan kami juga sudah ada beberapa perangkat yang ikut pelatiihan di Kecamatan sebagai operator nantinya,\" ungkap Lurah Kecapi tersebut. (sep)

Sumber: