Ayam Kecap Pedas Sensasi Gurihnya Langsung Terasa

Ayam Kecap Pedas Sensasi Gurihnya Langsung Terasa

KESAMBI -   Satu  lagi menu enak yang  patut dicoba dari Ayam Penyet Markas yaitu ayam kecap pedas. Menu  yang berbahan dasar ayam  itu disajikan dengan  bumbu kecap pedas. 
\"menu
Ayam kecap pedas ala Markas. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Pengelola Ayam Penyet Markas, Ersin Supriyadi menjelaskan, hadirnya ayam kecap pedas menjadi pelengkap menu olah serba ayam di resto semi outdoor yang terletak di jalan Cipto, Kota Cirebon itu. “Menu ini jadi pelengkap, karena banyak menu ayam yang kami punya di sini,” ungkapnya.

Dijelaskan Ersin, ayam  kecap pedas merupakan paduan ayam goreng tepung yang dibalut bumbu kecap dengan irisan cabai rawit segar. Daging ayam yang sudah dipotong  tipis dibalut tepung bumbu kemudian digoreng kering.

Sensasi gurih langsung terasa. Pasalnya, tutur Ersin, untuk menciptakan efek krispi yang melekat di lidah dibutuhkan teknik khusus yakni dimasak dengan banyak minyak  dan api sedang. Sehingga, hasil kematangannya lebih merata hingga ke daging.

Ersin menjelaskan, sebagai penambah lezat, lelehan kecap manis yang sebelumnya  sudah diracik dengan bumbu tambahan disiramkan ke ayam goreng. Bumbu kecap pedas diracik sendiri menggunakan bahan segar.

Kecap manis diberi tambahan sisiran cabai dan bumbu sehingga rasanya lebih lezat. Sebagai penambah cita rasa, juga ditambahkan potongan kecil daun jeruk yang membuat  racikan  bumbu kecap terasa segar dan harum.

Untuk menikmati menu krispi ini, pelanggan hanya dikenakan Rp17  ribuan saja lengkap dengan seporsi nasi.  “Selain ayam kecap, juga tersedia  ayam goreng tepung krispi dengan sajian saus lain, seperti ayam saus mentega dan ayam saus asam manis,” imbuhnya. (wan)

Sumber: