Ketua DPRD: Indramayu Layak Jadi Ibu Kota Negara

Ketua DPRD: Indramayu Layak Jadi Ibu Kota Negara

INDRAMAYU - Makin santernya rencana pemindahan Ibukota Indonesia dari Jakarta ke Palangka Raya menuai beragam tanggapan. Tidak terkecuali bagi DPRD Kabupaten Indramayu yang menganggap kota Mangga ini layak menjadi alternatif pilihannya dibandingkan harus ke luar Jawa.
\"taufik
Ketua DPRD Indramayu Taufik Hidayat. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, H Taufik Hidayat SH MSi, Kamis (13/7). Untuk memilih lokasi ibu kota negara yang rencananya akan berpindah dari Jakarta, daerah yang tidak kalah layaknya adalah Indramayu. 

Kelayakan itu salah satunya dengan ketersediaan lahan seluas 32 ribu hektare lebih yang dapat digunakan untuk dibangunnya sebuah kawasan ibu kota negara. \"Indramayu ini sangat layak untuk dijadikan pilihan kalau ibu kota negara mau dipindahkan dari Jakarta. Ada lahan yang sangat luas di wilayah Cikawung, itu tidak perlu pembebasan lahan. Karena lahannya milik perhutani, milik pemerintah,\" jelasnya.

Dengan ketersediaan lahan, maka pemerintah pusat tidak sulit untuk menyiapkan sarana dan prasarana pendukungnya. Baik diperuntukan pusat pemerintahan‎, maupun infrastruktur yang dibutuhkan. 

Ditambah lagi, akses dan fasilitas pendukung yang sudah dan akan tersedia di sekitar Cikamurang, yakni jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Termasuk rencana Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang yang jaraknya mudah dijangkau dari Cikamurang.

\"Sumber daya alam sudah tidak diragukan lagi. Dan kami sedang menyiapkan peningkatan sumber daya manusia. Makanya sekolah-sekolah kejuruan juga dan balai latihan kerja kita support. Termasuk perguruan-perguruan tinggi seperti Unwir dan Polindra. DPRD sangat siap dan ini dorongan dari kami untuk mewujudkannya,\" papar politisi yang juga Sekertaris DPD Partai Golkar Indramayu ini.

Untuk itu, ‎tata ruang Kabupaten Indramayu terus dilakukan pembenahan secara keseluruhan yang disesuaikan dengan tata ruang nasional. Termasuk tata ruang di tingkat provinsi yang berkaitan dengan tata ruang Cirebon Raya. \"Kita sesuaikan semua. Oleh karenanya sumber daya yang dimiliki harus dikembangkan, potensi-potensinya juga kita kembangkan. Aerocity juga kita ikuti dan sesuaikan,\" terangnya.

Untuk itu, Taufik menilai sangat tepat jika ibu kota negara dipindah ke Indramayu. Guna memastikan kelayakannya pemerintah pusat bisa melakukan langkah-langkah pertimbangan, baik meninjau langsung maupun melalui mekanisme lainnya. \"Sudah sangat tepat ibu kota negara pindah ke Indramayu,\"‎ ‎tandasnya. (tar)

Sumber: