Pemulung: Heran, Disediakan Tempat Sampah masih Buang Sampah Sembarangan

Pemulung: Heran, Disediakan Tempat Sampah masih Buang Sampah Sembarangan

MAJALENGKA – Selama libur Lebaran, sampah menumpuk di wilayah Kabupaten Majalengka. Penumpukan tersebut disinyalir akibat tidak adanya pekerja pengangkut sampah yang sehari-hari menjalankan tugasnya.
\"sampah
Sampah berserakan di alun alun Majalengka. Foto: Hasan/Rakyat Cirebon
Selain itu, pola hidup masyarakat Majalengka yang belum sadar akan pentingnya hidup bersih, juga disinyalir menjadi penyebab menumpuknya sampah di kawasan Majalengka.

Pantauan di lapangan, terlihat di beberapa titik tong sampah di lingkungan alun-alun kabupaten Majalengka terlihat meluap dan berserakan. Selain itu, di tempat-tempat umum seperti di pasar dan gang-gang terlihat juga sampah berupa kardus, botol mineral, dedaunan, dus rokok, ranting kayu, batang kayu dan jenis sampah lainya menumpuk dan berserakan.

\"Ada sampah produksi sehari-hari ditambah juga orang yang liburan ini kadang buang sampah sembarangan,\" ujar Hendra salah seorang pemulung rongsokan.

Di sela membersihkan sampah, Hendra melontarkan curhatannya. Dia merasa heran kepada sejumlah warga yang membuang sampah sembarangan, meskipun sudah disiapkan beberapa tempat sampah di sejumlah lokasi di tempat tersebut. \"Heran aja mas, sudah ada tempat sampah masih buang sampah sembarangan,\" ujar Hendra kepada Rakyat Cirebon, Rabu (28/6).

Sementara itu, menurut Buki, warga setempat mengatakan, tumpukan sampah terlihat di jalan, samping trotoar dan halaman Alun-alun Majalengka. Hal ini akibat para petugas kebersihan masih libur. Ditambah sampah dari sejumlah warga yang berkunjung dan bermain di sekitar alun-alun.

Menurutnya, menggunungnya sampah itu, dikarenakan truk pengangkut sampah dari Dinas Kebersihan yang biasanya mengambil sampah, tidak terlihat beraktivitas. Sampah plastik dan dedaunan yang tampak berserakan tersebut di antaranya sepanjang jalan raya Abdul Halim. 

Demikian juga di depan alun-alun kota Majalengka sampah terhempas kendaraan sehingga menumpuk di pinggir terutama sisi trotoar. “Lagi pula mungkin banyaknya sampah ini petugas kebersihan masih libur Lebaran,” pungkasnya.(hsn)

Sumber: