Anggaran Minim, BMCK Kesulitan Perbaiki Jalan Rusak

Anggaran Minim, BMCK Kesulitan Perbaiki Jalan Rusak

MAJALENGKA - Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Kabupaten Majalengka Drs H Eman Suherman MM melalui Kepala Bidang Bina Marga Ruchyana ST mengatakan, pemerintah daerah memberikan perhatian yang sama terhadap kerusakan jalan yang terjadi di daerah.
\"bmck
Jalan rusak di Majalengka. Foto: Hasan/Rakyat Cirebon
Kendati demikian dalam penanganan atau perbaikannya tidak dapat dilakukan secara bersamaan, karena ketersediaan anggaran. Diakuinya, banyak pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat terkait kerusakan sarana jalan di Majalengka. “Banyak laporan tentang kerusakan jalan dari warga, dan semua itu akan kita tindaklanjuti,” jelas Ruchyana, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, kata dia, pemerintah kabupaten Majalengka tidak bisa langsung menindaklanjuti laporan tentang kerusakan. Karena perlu dilakukan kajian terlebih dahulu. 

“Pasalnya, ketersediaan anggaran menjadi kendala untuk melakukan perbaikan jalan secara bersamaan. Kami inginnya bisa langsung dilakukan perbaikan. Tetapi anggaranya kan terbatas, sehingga dilakukan skala prioritas,”ucapnya.

Menurutnya, tahun ini, sejumlah ruas jalan di daerah akan mendapatkan perbaikan, salah satunya ruas jalan yang berada di wilayah Kelurahan Babakan Jawa. Tepatnya, di blok Pancurendang yang memiliki akses ke Desa Buniasih, Kabupaten Sumedang.

Ruas jalan tersebut pada anggaran Tahun 2017 ini akan dilakukan rehabilitasi. Pihaknya berharap perbaikan jalan tersebut akan semakin memperlancar perekonomian masyarakat.

“Jalan ini termasuk jalan poros yang memiliki fungsi strategis bagi masyarakat di daerah tersebut. Dan yang tidak kalah pentingnya, masyarakat juga ikut menjaga dan memeliharanya agar tidak cepat rusak,” pungkasnya.(hsn)

Sumber: