Dinas Pangan Kekurangan Ratusan Penyuluh Desa

Dinas Pangan Kekurangan Ratusan Penyuluh Desa

MAJALENGKA – Saat ini Dinas Pangan Kabupaten Majalengka hanya memiliki 67 orang penyuluh untuk 330 desa. Padahal, idealnya satu desa satu penyuluh.
\"majalengka
Petani Majalengka sedang panen. dok. Rakyat Cirebon
Kepala Dinas Pangan Kabupaten Majalengka, Ir H Bayu Jaya MSi membenarkan, pihaknya membutuhkan banyak sekali penyuluh pertanian guna memberikan penyuluhan kepada para petani di Majalengka. 

Menurutnya, dalam peraturan, setiap desa seharusnya memiliki satu tenaga penyuluh. Di Majalengka ada 330 Desa. Sedangkan Dinas Pangan Kabupaten Majalengka hanya memiliki 67 orang penyuluh, ditambah tenaga harian lepas  sebanyak 180 orang. Kondisi tersebut jelas tidak mencukupi, terlebih dalam waktu dekat ada  tujuh orang yang akan pensiun. 

\"Berarti, Majalengka masih membutuhkan ratusan tenaga penyuluh. Saya harap pemerintah pusat memperhatikan hal ini. Agar target swasembada pangan dan kebutuhan pangan masyarakat selalu terpenuhi,\" tutur Bayu, Jumat (9/6). 

Lebih lanjut Bayu mengungkapkan, saat ini penyuluh di Majalengka kondisinya sangat mengkhawatirkan. Karena, satu penyuluh harus memegang satu sampai empat desa per orangnya.

 \"Saya kasian pada mereka, selain memegang lebih dari satu desa, ditambah lagi jarak antar desa yang harus ditempuh mereka kadang begitu jauh. Tetapi sejauh ini mereka masih semangat, meski kadang mengeluh,\" ujarnya. 

Dia menambahkan, pemerintah pusat harus segera menambah jumlah penyuluh di Majalengka agar tidak menjadi problem teknis dikemudian hari. Tidak hanya itu, pemerintah juga harus memperhatikan nasib tenaga penyuluh yang sudah mengabdi sejak lama. 

\"Saya berharap kalau ada dengan ada pengakatan PNS, penyuluh di Majalengka dapat kebagian. Semoga saja pengangkatan para penyuluh menjadi PNS dapat lebih meningkatkan kinerja mereka,\" katanya.(hsn)

Sumber: