Kadisdik: Siswa TK Jangan Diberi Pelajaran Berat

Kadisdik: Siswa TK Jangan Diberi Pelajaran Berat

PALASAH - Pendidikan karakter menumbuhkan kreativitas sejak dini. Salah satunya dengan mengajak anak mengikuti lomba menggambar dan mewarnai. Kegiatan tersebut juga memunculkan penilaian objektif dan secara langsung akan memicu semangat belajar.
\"kadisdik
Kadisdik Majalengka tinjau lomba mewarnai tingkat TK. Foto: Herik/Rakyat Cirebon
Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Majalengka H Iman Pramudia, usai membuka acara lomba mewarnai yang diadakan salah satu yayasan di wilayah Palasah, Sabtu (15/4). 

Ia mengingatkan, kegiatan yang melibatkan anak-anak usia dini seperti peserta didik Taman Kanak-kanak (TK) harus terus didukung. Agar dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak.

\"Diharapkan dengan adanya lomba ini (mewarnai, red) dapat memicu semangat dan kreativitas. Bakat dan kemampuan bisa terlihat dalam lomba seperti ini. Tentu ada yang kalah, ada yang biasa-biasa saja. Dan ada juga yang juara. Dengan lomba ini akan kelihatan kemampuan anak di bidang menggambar dan mewarnai,\" ujarnya.

Iman mengungkapkan, selain itu lomba dan kegiatan yang melibatkan anak-anak dalam bentuk kompetisi terbuka, sekaligus melatih mental anak dalam menghadapi dunia luar. Sehingga, kata dia, bentuk bermain belajar mereka di lingkup sekolah, skalanya menjadi luas. Karena bertemu dengan anak-anak TK wilayah lainnya.

\"Sekaligus bahan evaluasi dan menyambut hari pendidikan nasional juga. Saya yakin perlombaan ini akan membekas di hati anak-anak. Semoga yang tidak juara akan termotivasi dan terus meningkatkan kreativitasnya,\" ungkapnya.

Iman berharap, agar anak-anak lebih mampu berimajinasi disamping belajar tentang ilmu pengetahuan eksak dan bahasa. Serta pengetahuan lainnya. 

“Hal itu, nantinya akan mereka pelajari ketika duduk di bangku sekolah dasar. Taman Kanak-kanak memang untuk bermain, belum waktunya bagi mereka belajar dengan ilmu yang berat-berat,\" ujarnya.

Terpisah, Ketua Pelaksana kegiatan, Muhammad Fikri mengatakan, kegiatan lomba mewarnai ini sengaja digelar untuk meningkatkan kreativitas anak-anak di bidang mewarnai gambar. Penilaian sendiri mencakup keserasian warna dengan gambar. Imajinasi si anak dalam hal ini perlu dieksplor.

\"Alhamdulillah, peserta yang daftar mencapai 700 siswa. Peserta tidak hanya dari Majalengka, ada juga yang dari Cirebon, Kuningan dan Indramayu. Peserta tidak dipungut biaya. Bahkan, untuk konsumsi kami sediakan secara gratis,\" ujarnya. (hrd)

Sumber: