Kawasan Trusmi Jadi Destinasi Wisata Industri Kreatif

Kawasan Trusmi Jadi Destinasi Wisata Industri Kreatif

PLERED – Kawasan Desa Trusmi, Kecamatan Plered sudah lama dikenal sebagai sentra batik di Cirebon. Letaknya yang dekat dengan pusat keramaian membuat kawasan ini tidak pernah sepi pendatang. Ada banyak toko yang menjajakan beraneka macam batik khas Cirebon.
\"kawasan
Kawasan batik Trusmi. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Mulai dari motif batik, teknik pembuatan hingga pernak-pernik batik tersedia. Tak heran, belakangan kawasan  jalan Trusmi kemudian dikenal kawasan wisata batik yang tidak pernah sepi wisatawan. Salah satu  pengusaha batik di kawasan tersebut, Ibnu Ryanto, menjelaskan, kawasan Trusmi termasuk kawasan industri kreatif terbesar di Cirebon. Sebagian besar masyarakat sekitar menjadikan batik sebagai salah satu mata pencaharianya.

Sehingga tidak heran kalau produksi batik dari kawasan menjadi salah satu yang terbesar. Bahkan, perusahaanya menjadi salah satu sentra batik yang kebanyakan suplai produknya dari warga Trusmi. Wisatawan yang datang tak hanya  bisa membeli aneka produk batik, mereka juga bisa merasakan langsung suasana kampung batik dan menyaksikan kerumunan perempuan yang tengah asyik membatik. “Semoga dengan adanya kerja sama seperti ini akan menumbuhkan industri batik di   Trusmi,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan mengangkat batik sebagai potensi pendapatan masyarakat, akan menjaga batik tetap lestari dan dicintai banyak kalangan. Di kawasan Batik Trusmi sendiri, aneka batik berbagai jenis  dijual dengan harga bervariasi.

Ada batik dengan kualitas standar dijual mulai dari harga Rp25 ribuan. Sementara batik eksklusif dijual sampai dengan jutaan rupiah. Tak hanya produk batik, berbagai oleh-oleh lain seperti makanan ringan,  handycraft sampai dengan  miniature  permainan tradisional juga tersedia.

Tak heran jika setiap  pekan, selalu saja ada wisatawan dari luar kota yang datang untuk berbelanja aneka oleh-oleh dari kawasan tersebut. Pihaknya juga berusaha meningkatkan pelayanan dan kualitasnya. (wan)

Sumber: