Pegawai Kemenpora Berniat Nyalon di Pilbup Cirebon

Pegawai Kemenpora Berniat Nyalon di Pilbup Cirebon

SUMBER – Nama para bakal calon tidak hanya didominasi oleh para politisi dan pengusaha, namun ada juga nama dari birokrat yang ikut meramaikan jelang Pilkada 2018. Ia adalah Dr Sutrija ST MSi seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). 

\"Sutrija\"
Sutrija pakai peci. Foto: Ari/Rakyat Cirebon
Belum lama ini di hadapan media, Sutrija mengaku berniat untuk mencalonkan diri sebagai calon bupati Cirebon. Hanya saja ada beberapa hal yang masih jadi pertimbangan dirinya. Diantaranya, dari aspek kapabilitas dan kapasitasnya.“Yang jelas sebagai orang asli Cirebon saya punya niat untuk memperbaiki daerah sendiri,” tuturnya usai mengunjungi KPU Rabu (22/3) lalu.

Masih disampaikan Kepala Bidang penelusuran dan pemetaaan potensi kewirausahaan pemuda pada asisten deputi kewirausahaan pemuda dan deputi bidang pengembangan pemuda Kemenpora itu, dari beberapa nama bakal calon yang sudah muncul, setidaknya ada yang fenomenal. Sebab, kriteria seperti itu dapat membantu KPU untuk meningkatkan partisipasi masyarakat saat pemilihan kepala daerah. “Yang dibutuhkan saat ini itu, ya fenomenal dan kontroversi,” tuturnya. 

Untuk meningkatkan partisipasi juga, sambung Sutrija, akan memanfaatkan posisi di Kemenpora dengan membuat program kepemudaan di bidang kewirausahaan yang berbasis kemasyarakatan. “Saat diskusi tadi dengan komisioner, para komisioner pun sepertinya mempunyai wadah tersendiri, seperti ada yang aktif diorganisasi kepemudaan dan dosen. Jadi, kita akan coba akselerasikan antara program saya dengan KPU,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Cirebon Saefuddin Jazuli MSi mengaku, para bakal calon memang banyak yang melakukan silaturrahmi ke KPU. Setidaknya kedatangan mereka bisa memberikan masukan kepada masyarakat Kabupaten Cirebon betapa pentingnya memilih kepala daerah.

“Tidak hanya politisi yang hendak mencalonkan diri sebagai bupati, pengusaha dan PNS pun sudah menyambangi kantor KPU. Mudah-mudahan mereka yang berniat mencalonkan diri bisa membantu tugas kami dalam mensosialisasikan pentingnya memilih kepala daerah,” singkatnya. (ari)

Sumber: