Carkim: Kehidupan Kuwu Mirip Ikan di Aquarium

Carkim: Kehidupan Kuwu Mirip Ikan di Aquarium

CIREBON – Sebagai sorang pemimpin  di kalangan masyarakat Desa Bungko, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon H Moch Carkim dikenal sebagai sosok pemimpin yang dekat dengan masyarakat. Menjadi seorang kuwu dan juga ketua Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC) membuat kapasitas Carkim tidak lagi diragukan dalam memimpin masyarakat. 
\"ketua
Carkim gendong anak. Foto: Ist./Rakyat Cirebon
Banyak pencapaian yang sudah didapatkan selama menjadi kuwu maupun ketua FKKC. Tidak sedikit pula kegiatan sosial yang sudah dilakukannya dengan masyarakat setempat, sehingga membuat dirinya dikenal sebagai sosok pemimpin yang mengayomi warganya.

Carkim juga mengaku paham betul amanat menjadi seorang kuwu atau pemimpin di desa. “Kami ada karena masyarakat, dan kami bekerja juga untuk masyarakat. Itu yang harus dipegang oleh seorang pemimpin,” kata Carkim.  

Menurut Carkim, menjadi perangkat desa, terlebih lagi menjadi kuwu diibaratkan seperti ikan di aquarium. Segala tingkah lakunya akan dengan mudah atau gampang diamati oleh masyarakat. “Jadi kepada para kuwu, saya mengajak untuk bekerjalah dengan baik melayani masyarakat,” ajaknya.

Kini, selain sukses memimpin FKKC, Kuwu Carkim juga digadang-gadang oleh masyarakat untuk menjadi pemimpin di Kabupaten Cirebon. Terhadap usulan ini, Carkim belum mau komentar. “Saya serahkan kepada masyarakat Cirebon. Yang jelas, mau jadi pemimpin dimanapun, modalnya harus kerja baik dulu dalam melayani masyarakat,” katanya diplomatis. (dym/mgg).
  

Sumber: