Maret Ini Partai Demokrat Jaring Calon Bupati Kuningan

Maret Ini Partai Demokrat Jaring Calon Bupati Kuningan

KUNINGAN- Tidak mau kalah dengan perpol besar lainnya, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Kabupaten Kuningan  melakukan persiapan untuk menghadapi ajang Pilkada serentak 2018 mendatang. Salah satunya adalah menentukan kandidat yang akan diusung dalam Pilkada Kabupaten Kuningan, melalui penjaringan internal yang rencananya akan dilaksanakan pada Maret 2017.

\"ketua
Ketua PD Kuningan Toto Hartono. Foto: Mumuh/Rakyat Cirebon
“Saya sudah membentuk tim penjaringan internal yang diketuai oleh pak Momon, sudah saya SK kan dengan batas waktu hingga akhir bulan Maret ini,” kata Ketua DPC PD H Toto Hartono, kemarin. Sejauh ini, lanjut Toto, sudah ada dua nama yakni Robby dan Yosa. Kendati demikian, mekanisme penjaringan tetap akan dilakukan.

“Untuk konteks Pilkada, nama calon dari Partai Demokrat baru dua nama yang muncul, ada mekanismenya karena di partai kami melalui survei bukan ditunjuk,” ujarnya. Ketika ditanya apakah akan maju di Pilkada, Toto mengaku bahwa dirinya sudah berbicara ke DPD hingga DPP bahwa dirinya tidak berniat unruk maju di Pilkada namun ingin membesarkan partai dan menyolidkan partai.

“Tim penjaringan itu sendiri fungsinya ganda, selain menjaring bakal calon bupati, juga menjaring bakal calon legislatif untuk 2019 mendatang,” terangnya. Selain mempersiapkan calon kandidat yang akan diusung, lanjut Toto, untuk koalisi dengan parpol dinilai masih dini. 

Karena di PD sendiri ada tahapan-tahapan yang dilakukan internal partai, nanti setelah ada kesimpulan baru kita berpikir dengan siapa kita berkoalisi. “Ini masih pagi, kami belum bisa menentukan dengan siapa berkoalisi,” terangnya.

Toto mengakui, pada Pilkada serentak 2018 mendatang adalah tugas berat bagi Demokrat. Namun pihaknya tetap menargetkan pencapaian besar pada Pilkada dan pileg 2019. “Kami tetap optimis semua target bisa tercapai, seperti dalam pileg menargetkan tujuh kursih seperti pada pileg tahun kemarin,” bebernya.

Dia menuturkan, partainya akan melakukan konsolidasi serta sosialisasi program kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Kuningan. “Ini juga menjadi titik nol bagi kami, karena tahun 2017 menjadi tahun kerja bagi partai dan sudah harus dimulai dari sekarang,” ucapnya.(ale)

Sumber: