Empal Gentong Mang Darma Gurihnya Bikin Wisatawan Ketagihan

Empal Gentong Mang Darma Gurihnya Bikin Wisatawan Ketagihan

KESAMBI – Empal gentong memang sudah melekat dengan Cirebon.  Kudapan  berkuah berbahan dasar daging dan babat sapi ini menjadi daya tarik untuk memikat wisatawan dari berbagai daerah saat berwisata kuliner.
\"empal
Empal gentong Mang Darman. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Ada banyak pilihan warung ada restoran yang menjajakan empal gentong sebagai  menu andalanya. Salah satunya, rumah makan Empal Gentong Mang Darma. Rumah makan yang terletak di jalan Cipto Kota Cirebon ini selalu ramai.

Karyawan rumah makan Empal Gentong Mang Darma,  Rudi menjelaskan,  empal gentong menjadi salah satu yang paling dicari pembeli. Menurutnya, bukan hanya wisatawan yang ingin menikmati empal gentong, warga lokal sendiri juga banyak yang ngangenin dengan menu ini.

“Kalau pembeli ada saja. kadang juga ada rombongan yang datang ke sini untuk  menikmati kuliner nya,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Dijelaskannya, empal gentong tetap menjadi daya tarik karena cita rasanya yang cocok dengan lidah orang Cirebon. Gurihnya  santan dengan kuah kuning beradu  nikmat dengan potongan daging dan babat sapi yang nikmat membuat pelangganya ketagihan.

Menu enpal gentong sangat pas dijadikan teman makan nasi. Tak heran, jika  jam makan siang, menu empat gentong menjadi pilihan banyak pelanggan. Hanya dengan Rp20 ribuan saja, satu porsi empal gentong sudah bisa dinikmati. 

“Sebagai pelengkap, empal gentong bisa dinikmati dengan nasi putih atau lontong sesuai selera. Banyak yang pakai nasi kita juga sediakan lontongnya,” jelasnya.

Selain  empal gentong, kata dia, rumah makan Empal Gentong Mang Darma juga menyediakan kuliner khas Cirebon lainnya. Seperti nasi jamblang dan kerupuk rambak.  Dengan  lahan parkir yang memadai, tak heran rumah makan ini  menjadi salah satu destinasi wisata kuliner pilihan di Kota Cirebon. (wan)

Sumber: