PKS Sebut Tiga Nama untuk Pilkada Majalengka

PKS Sebut Tiga Nama untuk Pilkada Majalengka

MAJALENGKA - Menghadapi agenda politik lima tahunan, DPD PKS Majalengka, mengaku sudah menyiapkan strategi guna mencapai target politik dengan mendudukan 10 wakilnya di DPRD Majalengka. 
\"PKS
PKS Majalengka konferesi pers. Foto: Pai/Rakyat Cirebon
Asumsinya  harus raih dua kursi per daerah pemilihan. Demikian  diungkapkan Sekretaris DPD PKS Rony Setiawan kepada Raja, Kamis (16/2) kemarin di kantornya.

Dikatakan dia,  hasil Pemilu 2014 kemarin dinilai kurang maksimal. Terlebih PKS harus kehilangan 1 kursi di Dapil 5 dari 5 kursi di pemilu sebelumnya.  Tentunya  perlu ada evaluasi menyeluruh termasuk mengenai pola pemasangan caleg.

Disebutkan Rony, kekalahan PKS di Pemilu 2014 lalu salah satunya akibat salah memasangkan caleg. Pemilu 2019 mendatang maka penempatan caleg yang pas di setiap dapil menjadi salah satu alternatif PKS.

Selain hal itu, tren merosostnya suara PKS di Pemilu 2014 lalu kata dia  disebabkan  badai besar yang sempat menimpa kadernya di level pusat, sehingga mengurangi tingkat kepercayaan publik.  

Namun kali ini, kata dia, respon masyarakat terhadap PKS sudah berangsur membaik, sehinga pihaknya optimis mampu meraih 10 kursi, minimal 7 kursi di Parlemen Majalengka.

Hal senada diungkapkan Ketua DPD PKS Majalengka, Asep Aminudin SHut yang mengatakan, revitalisasi pengurus di tingkat desa menjadi penting. 

Dimana PKS  saat ini sudah memiliki 334 pengurus struktural di tingkat desa yang menjadi salah satu kekuatan, terutama  saat pelaksanaan Pilkada. Mereka akan menjadi pengawal hasil pemilu dan pilkada dari mulai tingkat KPPS hingga  tingkat PPK di kecamatan.

“Kondisi struktur kita di tingkat desa masih cukup solid dan kuat, sehingga tidak ada restrukturisasi. Hanya mungkin revitalisasi dan penguatan tetap harus dilakukan, agar semangat dan militansi PKS tetap terjaga. Diantaranya dengan memetakan berdasarkan klaster demografi politik di wilayahnya masing-masing,”jelasnya. 

Saat disingung soal Pilkada Majalengka, baik Asep maupun Rony sepakat  mengatakan, saat ini PKS sudah melakukan penyaringan dan penjaringan secara internal. 

Dimana  sudah ada 3 nama yang berada di urutan paling atas, diantaranya Nurhasan Zaidi anggota DPR RI Fraksi PKS, Asep Aminudin  Ketua DPD PKS dan Dadan Heryanto Narayana, Ketua Fraksi PKS DPRD Majalengka. 

Namun demikian, sambung dia, selain penjaringan internal, pihaknya juga melakukan penyaringan calon dari eksternal termasuk komunikasi politik. 

“Nama nama itu sudah ada dan masuk dalam bidikan Radar PKS, Cuma kita belum bisa mengumumkan atau merilis, sebab sampai saat ini posisi PKS masih menunggu, apakah akan menjadi partai pengusung atau pendukung,” paparnya. (pai)
  

Sumber: