Bisnis Sewa Mainan Anak Menjanjikan

Bisnis Sewa Mainan Anak Menjanjikan

BERAWAL dari menumpuknya mainan anak sendiri yang sudah tak terpakai, Yonora Muljadi merintis bisnis sewa mainan anak. Saat ini temui di tokonya, perempuan yang berprofesi sebagai dokter gigi ini mengaku peluang bisnis sewa mainan anak terbuka lebar.
\"bisnis
Bisnis sewa mainan anak. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Pasalnya, di Cirebon belum banyak yang mengembangkan bisnis serupa. Mengusung brand Ivy Baby Rent, bisnis sewa mainan anak yang digagasnya mendapat respon baik dari masyarakat Kota Cirebon. 

Sontak, toko mainan yang terletak di Jalan Pamitran, Kota Cirebon itu menjadi incaran. Yonora mengatakan, banyak orang tua yang lebih memilih mainan sewa dari pada harus membeli mainan untuk anak. Hal itu dikarenakan, mainan hanya berlaku sementara. 

Setelah anak bosan, maka mainan pun tidak terpakai lagi. Rupaya, disinilah peluang bisnisnya. “Awalnya dari maenan anak apa-apa punya sendiri, dipikir-pikir kalau sudah lama nggak kepakai. Makanya ide bisnis ini ternyata lumayan dan banyak juga yang sewa,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin.
Beromset Puluhan Juta, Berawal dari Banyaknya Mainan yang Tak Terpakai
Dirintis sejak 2014 lalu, mulai dari 20 item mainan sewa, kini Ivy Baby Rent sudah mengkoleksi 150 item mainan sewa. Umumnya, mainan sewa berukuran besar. Namun, ada juga beberapa mainan berukuran kecil.

“Maenan yang disewakan ada box bayi ada stroller ada kasit, maenan besar kita lebih focus ke mainan besar kaya prosotan, rumah-rumahan, jungkat-jungkit. Stroller juga kebutuhannya banyak,” katanya.

Jangka waktu yang diberikan untuk sewa mainan bergantung kebutuhan konsumen. Hanya saja, biasanya Ivy Baby Rent menyewakan mainannya dalam jangka bulanan. Bagi yang menyewa hanya satu minggu juga dilayani.

“Sewanya sendiri perbulan. Kadang juga ada yang nggak mau perbulan, ada yang 3 minggu, 2 minggu boleh, 1 minggu juga boleh tapi jatuhnya lebih mahal karena kita tiap ngeluarin barang juga kan ada biaya perawatannya,” ujar Yonora.

Untuk tarifnya, berbagai jenis mainan di Ivy Baby Rent dipatok mulai dari Rp50 ribu untuk mainan kecil sampai dengan Rp500 ribu untuk mainan dengan ukuran lebih besar. Selain mainan untuk anak, Ivy Baby Rent juga menyediakan perlengkapan untuk ibu yang mengasuh anak.

“Harganya mulai Rp50 ribu untuk mainan box baby rotan sampai dengan yang paling tinggi itu Rp500 ribu perbulan, little type 123, climber, sixel and slide. Jadi satu paket ada manjat, slide sama jungkat–jungkit,” pungkasnya. (wan/opl)

Sumber: