Kunjungi Korban Banjir, PDIP-PAN Tunjukkan Kemesraan

Kunjungi Korban Banjir, PDIP-PAN Tunjukkan Kemesraan

KUNINGAN – Menjelang Pilkada 2018, wacana koalisi sejumlah parpol besar mulai bermunculan. Setelah PKB menyatakan diri akan berkoalisi dengan PDIP, kini kemesraan ditunjukkan 2 parpol pemenang pemilu di Kuningan, yakni PDIP dan PAN. Kemesraan tersebut terlihat kala Ketua DPC PDIP Rana Suparman SSos dan Ketua DPD PAN H Udin Kusnaedi SE MSi bersama-sama mengunjungi lokasi bencana banjir di Desa Citenjo Kecamatan Cibingbin, Selasa (24/1).
\"PAN
PAN dan PDIP makin mesra jelang pilkada. Foto: Mumuh/Rakyat Cirebon

Kendati tidak direncanakan untuk berkunjung ke lokasi bencana banjir di hari kemarin, baik Rana maupun Udin keduanya sama-sama duduk satu meja di Posko Baguna (Badan Penanggulangan Bencana) PDIP yang berada di alun-alun Desa Citenjo.

Setelah berkeliling ke dalam pemukiman warga yang sedang sibuk membersihkan masing-masing rumahnya, Rana dan Udin terlihat sangat akrab membicarakan berbagai upaya penanganan bencana yang saat ini menerpa sejumlah titik di Kabupaten Kuningan dengan silih berganti.

Selain membicarakan penanganan bencana, keduanya pun akhirnya membicarakan soal politik menjelang Pilkada Kuningan 2018 mendatang. Entah sengaja ataupun kebetulan, dalam obrolan tersebut Rana tiba-tiba melontarkan kalimat kepada media jika PDIP dan PAN akan berkoalisi, bahkan tidak mustahil dia akan maju dengan Udin Kusnaedi.

“Ini juga untuk Pilkada 2018. Bisa saja kami (PDIP-PAN, red) nanti bersama dalam mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati,” ucap Rana sambil tertawa disambut jabatan tangan dari Ketua DPD PAN H Udin Kusnaedi.

Saat kedua tokoh muda parpol besar di Kuningan itu sedang berbincang banyak hal, tiba-tiba muncul mobil dinas berpenumpang Wakil Bupati Dede Sembada yang juga merupakan kader PDIP. Bersama Rana dan Udin, Dede pun turut berbincang soal penanganan bencana. Disaksikan Wabup, Rana dan Udin kembali menunjukkan kekompakannya dengan salam komando sambil meminta agar wartawan memotonya.

Melihat kedua pimpinan parpol memperlihatkan salam komando sebagai isyarat koalisi Pilkada 2018, Desem, panggilan Wakil Bupati Dede Sembada hanya tersenyum dan ia pun mengepalkan tangan kanannya walaupun terkesan dipaksakan. Desem sendiri pun dikabarkan akan kembali maju di Pilkada 2018 dan berdasarkan isu dirinya berkeinginan untuk berpasangan dengan Bupati H Acep Purnama SH MH.

“Mangga dilanjut, saya dari sini mau langsung ke Bandung, mau ada acara. Tadi kita juga sudah memberikan bantuan untuk korban bencana banjir,” singkat Wabup yang kemudian ia meninggalkan tempat untuk beranjak menuju Bandung. (muh)

Sumber: