Ribuan Pengunjung Antre di Pintu Masuk Objek Wisata

Ribuan Pengunjung Antre  di Pintu Masuk Objek Wisata

CIGUGUR – Sudah biasanya di setiap musim libur panjang seluruh Objek Wisata di Kabupaten Kuningan selalu dipadati ribuan pengunjung.
\"
 Antre di pintu masuk objek wisata. Foto: Mumuh/Rakyat Cirebon

Tak terkecuali di libur tahun baru 2017 kemarin (1/1), hampir di seluruh tempat wisata di Kuningan dipenuhi para pengunjung.

Bahkan tampak di salah satu objek wisata alam ribuan warga antre di pintu masuk hingga lebih dari setengah jam.

Antrean panjang seperti terlihat di pintu masuk objek wisata The Mountain Recreation Park yang berada di Kawasan perumahan Pesona Alam Kuningan Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur.

Disini, sejak Minggu pagi sekitar pukul 08.00 WIB ribuan warga yang datang tidak hanya dari Kuningan.

Namun, juga berasal dari wilayah lain seperti Cirebon, Majalengka, Indramayu bahkan Brebes dan Tegal Jawa tengah sudah berdatangan guna menghabiskan masa dilburannya bersama keluarga.

Petugas di pintu masuk pun tampak kewalahan melayani para pengunjung yang berjubel untuk membeli tiket masuk dengan harga khusus Rp40 ribu itu.

Dengan harga tiket yang berbeda dari biasanya yang hanya Rp20 Ribu untuk anak-anak dan Rp25 ribu untuk dewasa tersebut, para pengunjung tidak hanya bisa menikmati beragam permainan air.

Juga juga bisa menikmati sejumlah permainan lain yang ada didalamnya, seperti kora-kora, mini train, ontang anting, komedi putar dan lain sebagainya.

Di sisi lain yang paling menarik dan sangat berbeda dengan tempat wisata lainnya, sejak awal berdiri beberapa tahun lalu, pihak pengelola The Mountain Recreation Park menyajikan wisata penerbangan.

Dengan menyediakan pesawat terbang di lokasi wisata, para pengunjung pun bisa menikmati fasilitas di dalam pesawat layaknya berada di Bandara.

Karena harga spesial liburan panjang, pengelola menjual tiket naik pesawat seharga Rp10 Ribu dari biasanya yang hanya Rp7000 saja.

“Iya Pak, sekarang harga tiketnya Rp40 ribu. Tapi Bapak bisa menikmati banyak permainan di dalam Pak, gratis. Kalau untuk pesawat beda lagi Pak, tiketnya Rp10 ribu,” kata salah seorang petugas pitu masuk.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Lina Marlina, mengaku senang bisa berliburan bersama keluarga di Objek Wisata The Mountain Recreation Park. Walaupun harus antri dan berdesak-desakan dengan banyak orang, secara keseluruhan dirinya mengaku sangat puas atas fasilitas yang terdapat di dalam lokasi wisata tersebut.

“Gak apa-apa lah antre juga, yang penting liburan bisa bermain dengan anak-anak di sini. Wajar juga sih penuh, kayaknya yang lain juga penuh. Tapi kalau sampai ngantri mah kayaknya saya baru liat sekarang,” kata Lina.

Terpisah, pihak pengelola The Mountain Recreation Park, Ade, menjelaskan selain terdapat wahana wisata permainan air dan adanya wisata penerbangan, disana juga terdapat wisata baru berkonsep kampung gunung dengan menyajikan nuansa etnik yang mengarajh ke edukasi.

Hal itu bertujuan untuk mengenalkan kembali wisata terdahulu dengan menguak kembali permainan zaman dulu yang dikolaborasikan dengan nuansa modern, seperti outbond, pinball dan juga tidak lepas dari waterboom itu sendiri.

“Sejauh ini kami khususnya kampung gunung memang punya plan atau konsep bikin kawasan wisata dengan nuansa etnik yang mengarah ke edukasi dengan perencanaan munguak kembali permainan jaman baheula (dulu, red),tetapi masih akan di mix dengan unsur modern seperti outbond dan pinball dan jelas dengan adanya waterboom. Selebihnya mengolah alam untuk diperkenalkan kepada anak jaman sekarang berawal bagaimana caranya pangan yang kita konsumsi itu proses penanamannya, seperti tandur dan lain-lain,” jelas Ade.

Selain di The Mountain Recreation Park, kepadatan pengunjung juga terjadi di sejumlah tempat wisata lainnya.

Seperti di Sangkan Resort Aqua Park, Sangkanurif Alami, Sidomba, Palutungan, Linggarjati Indah, Talaga Remis, kolam renang Cigugur, Waduk Darma serta objek wisata ternama lainnya di Kuningan. (muh)

Sumber: