Sejumlah Pejabat Picu Emosi Pamdal Pendopo

Sejumlah Pejabat Picu Emosi Pamdal Pendopo

Karena Aksi Duduk-duduk PNS, Jelang Sambutan Bupati

INDRAMAYU - ‎Pemandangan miris terlihat saat berlangsungnya rangkaian prosesi pengambilan sumpah 951 pejabat Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jumat (30/12).
\"saat
Pilih bersantai. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon

Sejumlah pejabat menjadi sasaran kemarahan petugas pengamanan dalam (pamdal) Pendopo Indramayu.

Turun tangannya petugas pamdal tersebut dipicu aksi duduk-duduk sejumlah pejabat sesaat setelah pengambilan sumpah, menjelang disampaikannya amanat oleh Bupati Hj Anna Sophanah.

Para pejabat yang dianggap membandel itu tampak duduk di lantai, baik di sisi kiri dan kanan maupun belakang lokasi acara.

Ironisnya tak hanya duduk, tidak sedikit yang asik berbincang, bahkan bermain gadget atau handpone seolah tidak ada hal penting.

Disaat para pejabat itu membandel, seorang petugas pamdal bergegas menghampiri dan meminta kembali ke tempat semula.

\"Pak, bu, semuanya kembali ke tempat. Ibu bupati mau sambutan,\" kata seorang petugas dengan raut muka kesal.

Sementara salah satu pejabat usai rangkaian prosesi pengambilan sumpah rampung dilaksanakan mengatakan, aksi duduk-duduk pada saat acara berlangsung seharusnya tidak perlu terjadi.

Karena kegiatan yang diikuti memiliki makna penting untuk dipedomani, bukan menganggapnya seremonial dan formalitas dalam pemenuhan tahapan saja.

\"Kegiatan ini pengambilan sumpah dan ada amanat dari pimpinan, harusnya diikuti dengan baik. Baru disumpah saja begitu, bagaimana nanti kinerjanya,\" ketusnya yang enggan disebutkan namanya.

Ditambah lagi, lanjutnya, sumpah yang diucapkan dipandu sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.

Bahkan pengucapannya pun disertai memegang dan mengangkat kitab suci. \"Jangan main-main lah. Tapi kembali lagi tergantung individunya,\" kata dia.‎ (tar)

Sumber: