Delapan Negara akan Meriahkan Tour Linggarjati

Delapan Negara akan Meriahkan Tour Linggarjati

KUNINGAN - Ajang balap sepeda internasional Tour de Linggarjati merupakan momentum tepat untuk menyatakan kepada dunia, bahwa Kabupaten Kuningan merupakan daerah yang aman.
\"persiapan
Persiapan Tour De Linggarjati. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon

Itulah sebabnya, Pemkab Kuningan bersama Polres Kuningan dibantu Kodim, Dishub, Satpol PP, mengerahkan ribuan personil gabungan untuk menjamin keamanan selama berlangsungnya TdL yang akan berlangsung pada tanggal 28-30 Oktober 2016.

Personil keamanan tersebut akan dibagi dalam beberapa kelompok. Mereka akan mengamankan setiap jengkal ruas jalan yang akan dijadikan rute TdL. Setiap 50 meter ruas jalan, akan dijaga satu petugas keamanan.

Para petugas keamanan bukan saja mengamankan jalannya lomba dari ancaman penonton yang berjubal, tetapi juga mengamankan ruas jalan dari perlintasan kendaraan dan ancaman keamanan lainnya.

Dalam kesempatan apel gelar pasukan pengamanan TdL Rabu (26/10), Bupati Kuningan H Acep Purnama berpesan agar selama berlangsungnya TdL tidak ada terjadi kecelakaan, baik yang melibatkan para atlit maupun penonton, baik disebabkan kelalaian ataupun yang terjadi akibat ketidaksengajaan.

\"Mari kita tunjukkan kepada dunia, bahwa daerah kita merupakan yang paling aman. Aman untuk berwisata, aman untuk berinvestasi dan aman untuk menggelar event-event internasional,\" kata Acep.
Terkait dengan jalur yang akan di lalui oleh peserta TdL, kata Acep, hanya 5 persen jalan sedikit rusak atau bergelombang selebihnya sudah layak untuk dilalui, Pemkab telah berusaha optimal dalam kesiapan penyelenggaraan TdL agar berjalan dengan baik. “Ada beberapa titik jalan yang rusak dan semuanya sudah diperbaiki, sekarang sudah mulus semua,” katanya.

Sementara itu, Wakapolres Kuningan Kompol Benny Batara SIK MIK mengatakan, gelar pasukan itu ditujukan untuk memantapkan persiapan seluruh pihak terkait, serta penegasan tugas dan tanggung jawab masing-masing personel.

\"Seluruh personel gabungan dari berbagai satuan telah siap untuk mengamankan dan menyukseskan balap sepeda TdL tersebut, serta dilengkapi alat kesiapan seperti mobil patroli, sepeda motor dan lain sebagainya,\" kata dia.

Dalam apel gabungan tersebut melibatkan 4.154 personel gabungan dari polri, Kodim 0615 Kuningan, Satpol-PP, Dishub, tenaga kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Petugas tersebut akan ditempatkan petugas-petugas di setiap titik vital seperti tikungan tajam maupun jalur-jalur yang berpotensi rawan terjadi kecelakaan. \"Dari pemetaan yang telah kita lakukan memang terdapat sejumlah titik kerawanan,\" jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Tour de Linggarjati, DR H Dian Rachmat Yanuar MSi mengungkapkan, sejumlah atlet nasional dan Internasional sudah mulai berdatangan di Kabupaten Kuningan.

Sampai hari ini, telah hadir Tim nasional dari berbagai daerah dan Tim Internasional diantaranya dari Malaysia, Laos, Philippine, Australia dan Inggris.

“Tim dari Luar negeri, pada pelaksanaan Tour de Linggarjati akan didampingi oleh Liaison Officer (LO), yang akan menjembatani kebutuhan tim dan panitia Tour de Linggarjati, sedangkan untuk atlet nasional yang telah tiba di Kuningan, telah melakukan cek rute etape sejak kedatangan,” jelasnya.

Ditambahkan Dian, pihaknya akan melaksanakan Cycling for All yang akan diikuti oleh para atlet dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Kuningan, pada malam harinya, Welcome Party akan digelar di Pendopo Kabupaten Kuningan.

Sejumlah acara pendukung event ini juga siap dilaksanakan, seperti Expo UMKM, Lomba Foto dan gelar seni budaya. “Hajat besar Kabupaten Kuningan ini, semoga memberikan manfaat ganda, khususnya untuk promosi Kabupaten Kuningan ke dunia luar,” paparnya.(ale)

Sumber: