Bupati Ana Ngarep Makin Banyak Koperasi yang Sehat

Bupati Ana Ngarep Makin Banyak Koperasi yang Sehat

INDRAMAYU - Keberadaan koperasi saat ini cukup memprihatinkan. Tak hanya berkurang, koperasi yang masih beroperasi pun sepertinya hidup segan mati tak mau.
Bupati Ana beri penghargaan Koperasi berprestasi. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon

Sehingga Pemerintah Kabupaten Indramayu ingin menciptakan koperasi yang sehat.

Hal itu disampaikan Bupati Hj Anna Sophanah saat memimpin upacara pengibaran bendera kebangsaan bersamaan dengan peringatan Hari Koperasi tahun 2016, serta halal bihalal, Senin (18/7) di alun-alun setempat.

Dikatakan, peringatan tersebut harus dijadikan momentum untuk menciptakan koperasi yang sehat di Kabupaten Indramayu.

Keinginan sekaligus upaya tersebut, lanjut bupati, saat ini koperasi sehat harus bertambah dalam setiap tahunnya. \"Sehingga bisa dijadikan sebagai kekuatan ekonomi di tengah masyarakat Indramayu,\" tegasnya.

Atas kondisi saat ini, menurutnya semua pihak perlu berkaca terhadap suatu kenyataan tentang koperasi.

Karena beberapa koperasi sudah mulai banyak ditinggalkan oleh anggotanya. Bahkan tidak sedikit jumlah koperasi yang pailit dan terpaksa membubarkan diri.

\"Keberadaan koperasi saat ini seperti hidup segan mati tak mau,\" ungkapnya.

Padahal sudah sangat jelas dan tepat dengan memilih koperasi untuk membangun perekonomian rakyat.

Karena koperasi terlahir untuk menjadi suatu gerakan rakyat dari desa dan koperasi juga memiliki cita-cita untuk memakmurkan rakyat.

\"Ini sebuah tantangan bagi warga koperasi di Indramayu, tentu saja harus disikapi dengan arif serta segera lakukan perubahan yang mendasar,\"  ujarnya.

Sementara itu, dalam agenda tersebut diberikan penghargaan kepada koperasi berprestasi tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2016.

Yakni KPRI Dewi Sri Indramayu, KUD Mina Bahari Eretan Kulon, Koperasi Serba Usaha Pekerja Patra Pertamina RU VI Balongan, KPRI Warda, dan Kopkar Beringin Sejahtera.

Diserahkan pula sertifikat nomor induk koperasi (NIK) dari Kementrian Koperasi kepada KPL Mina Sumitra Indramayu, KPRI Kosma SMAN 1 Sindang, dan KSU Anugrah Rejeki Indramayu.

\"Diharapkan penghargaan dan sertifikat ini menjadi motivasi bagian pemacu untuk menciptakan koperasi lebih banyak lagi dan sehat,\" tandasnya. (tar)

Sumber: