Masih Ditangani Puslabfor Polri, Polres Cirebon Terus Koordinasi

Masih Ditangani Puslabfor Polri, Polres Cirebon Terus Koordinasi

Meski sudah lebih sepekan ditangani tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri, hasil penyelidikan kebakaran Pasar Pasalaran di Desa Weru Lor Kecamatan Weru belum bisa dipublikasikan. Sejauh mana perkembangan penyelidikan kebakaran Pasar Pasalaran?
\"Tim
Tim Puslabfor Mabes Polri. Foto: Asep/Rakyat Cirebon

HINGGA saat ini pihak kepolisian di Cirebon masih menunggu hasil dari Puslabfor.

Kapolres Cirebon AKBP Sugeng Hariyanto SIK MHum ketika ditanya soal perkembangan penyelidikan terbakarnya Pasar Pasalaran mengakui, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan dari tim pusat laboratorium forensik (Puslabfor) Mabes Polri.

“Kita tunggu saja hasil pemeriksaan dari tim Puslabfor-nya. Sampai saat ini itu belum ada kabar terkait hasilnya,” ungkap Sugeng, saat ditemui dalam agenda Cirebon Police Expo, kemarin.

Mengenai berapa lama pemeriksaan akan membuahkan hasil, Sugeng mengatakan, pihaknya tidak bisa menentukan, karena pemeriksaan tersebut adalah wewenang langsung dari Puslabfor Mabes Polri.

“Kita juga terkait waktu gak bisa menentukan, karena yang punya kewenangan Mabes Polri,” ujarnya.

Namun demikian, pihaknya akan selalu melakukan koordinasi terkait kelanjutan dan hasil pemeriksaan yang saat ini tengah dilakukan tim Puslabfor.

“Mohon sabar dulu, hal ini akan saya komunikasikan dengan Mabes Polri,” ujarnya.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tim dari Puslabfor Mabes Polri sudah turun langsung kelapangan untuk melakukan penyelidikan.

Di lapangan, tim menjalankan beberapa proses pemeriksaan seperti meminta keterangan kepada beberapa saksi kejadian.

Setelah itu, tim juga melakukan penyisiran di lokasi serta mengamankan beberapa barang yang bisa untuk dijadikan sampel, seperti abu dan arang sisa kebakaran dan juga beberapa kabel instalasi, karena dugaan sementara penyebab berasal dari korsleting arus listrik.

Ketua Tim Puslabfor Mabes Polri AKBP Ir Suparnomo saat melakukan pemeriksaan di lapangan mengatakan, ada beberapa tahapan yang akan dilalui sehingga pemeriksaan akan lumayan memakan waktu lama.

Terkait hal ini, Sugeng meminta kepada semua pihak untuk bersabar menunggu hasiil pemeriksaan tim. (sep)

Sumber: