Kebijakan Penutupan U-Turn Tetap Diberlakukan

Kebijakan Penutupan U-Turn Tetap Diberlakukan

ARUS BALIK. Suasana di Jalan Pantura Kota Cirebon diramaikan pengendara yang melakukan perjalanan dari Jawa ke Jakarta. FOTO: SUWANDI/RAKYAT CIREBON--Rakyat Cirebon

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Arus balik pasca mudik Lebaran Idul Fitri sudah nampak di Jalur Pantura Kota Cirebon. Beragam kendaraan dari Jawa menuju Jakarta sudah ramai melintas sejak H+1 Lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Andi Armawan mengatakan, hingga H+3 Lebaran, tren kendaraan arus balik mengalami lonjakan sekitar 8 persen per hari.

"Pelaksaaan hari ini, kami dari Dinas Perhubungan melaksanakan kegiatan arus balik. Dan hasilnya arus balik sudah terlihat hari ini," kata dia kepada Rakyat Cirebon, Kamis (5/5).

Andi memperkirakan, arus balik bakal terjadi hingga Minggu (8/5) atau hari terakhir libur Lebaran. "Karena hari Senin sudah mulai aktif kerja lagi," ungkapnya.

Dia memprediksi, situasi arus balik bakal terkendali. Pasalnya, jumlah kendaraan arus balik tersebar hampir merata setiap hari. Sehingga, tidak ada hari puncak. Berbeda dengan situasi arus mudik. Kendaraan mengalami penumpukan di hari-hari terakhir jelang Lebaran.

Masih menurutnya, pengalaman penanganan arus mudik Lebaran terus dievaluasi. Sehingga diharapkan tidak terjadi pada arus balik.

Selama masa arus balik, lanjutnya, U-Turn yang ada di jalur Pantura Kota Cirebon bakal ditutup. Hanya beberapa saja yang dibuka dengan penjagaan petugas di lapangan.

"Upaya untuk mengurai kemacetan kita menutup U-Turn. Hanya beberapa saja yang kita buka. Misalnya di Pemuda dan Kanggraksan. Untuk yang di Sunyaragi kita kondisional," ucapnya. (wan)

 

Sumber: