Petani Cangkingan Melek Teknologi, Gunakan Traktor Tidak Harus Turun di Sawah

Petani Cangkingan Melek Teknologi, Gunakan Traktor Tidak Harus Turun di Sawah

KREATIF. Jamaludin, seorang petani di Desa Cangkingan, Kedokanbunder, Indramayu mencoba menggarap sawah dengan menggunakan traktor yang dilengkapi dengan sistem pengendali jarak jauh. FOTO: TARDIARTO AZZA/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU–Petani di Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu, melakukan uji coba tekologi terkini.

Mereka menggarap sawah dengan traktor yang dilengkapi sistem pengendali jarak jauh, Remote Control (RC).

Uji coba itu dilakukan oleh seorang petani, Jamaludin. Dengan menggunakan traktor RC ini, pengemudi tidak perlu turun ke sawah dalam mengendalikan laju traktor, namun bisa dilakukan dari jarak jauh.

Aplikasi teknologi ini diterapkan setelah melihat berbagai referensi dan mempelajarinya. Kemudian merakit alat dan menempelkannya di traktor agar bisa dioperasikan.

Dari uji coba yang dilakukan bersama sejumlah petani dengan dukungan pemerintah desa setempat, traktor bisa dijalankan dengan menggunakan remote control yang dioperasikan dari jarak jauh.

“Ini baru kita uji coba, memang masih banyak kekurangan terutama dalam menempatkan receiver yang ada di traktor. Selain itu juga kita harus memperhatikan keadaan sawah apakah airnya cukup banyak atau sedikit kering,” jelas Jamaludin kepada Rakyat Cirebon, Senin (9/5).

Kuwu Desa Cangkingan, Didi Wahyudi menyambut baik inisiatif para petani di desanya yang berupaya untuk terus berinovasi. Menurutnya para petani sudah mulai open minded dan bisa menerima berbagai perubahan terutama penggunaan teknologi dalam pertanian.

“Kita akan fasilitasi inisiatif para petani di Desa Cangkingan ini. Sinergi ini terus kita kembangkan untuk Desa Digital demi Cangkingan Jawara,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Kedokanbunder, Atang Suwandi menyampaikan apresiasinya terhadap petani kreatif dan inovatif di wilayah tugasnya. Diharapkannya pula akan terus bermunculan para petani kreatif sehingga pertanian di Kecamatan Kedokanbunder bisa lebih maju. “Semoga apa yang menjadi inovasi ini dapat membantu para petani dalam menggarap sawahnya,” kata dia.

Atang menambahkan, dengan memanfaatkan teknologi pertanian diyakini akan berdampak positif pada bidang lainnya yang telah didukung implementasi program-program pemerintahan.

Terlebih lagi, peningkatan dibidang pertanian akan dapat memberikan manfaat terhadap perekonomian dan bidang lainnya. (tar)

Sumber: