Kuwu Suranto: Kemajuan Desa Ditentukan oleh Pengembangan Pertaniannya

Kuwu Suranto: Kemajuan Desa Ditentukan oleh Pengembangan Pertaniannya

Kuwu Karanganyar H Suranto--

RAKYATCIREBON.ID, KARANGWARENG - Pemerintahan  Desa Karanganyar, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon sebagaian besar penduduknya menggantungkan hidup dari dari sektor pertanian.

Kuwu Karanganyar H Suranto mengatakan,  membangun pertanian identik dengan membangun perdesaan. Oleh karena itu, kemajuan suatu masyarakat perdesaan sangat ditentukan oleh tingkat perkembangan  pertaniannya.

Menurut Suranto, membangun pertanian melalui  inovasi dan teknologi pertanian bisa menciptakan efisiensi dan meningkatkan produktivitas.

“Ujungnya akan  meningkatkan kesejahteraan petani dan  mampu menyediakan lapangan kerja yang lebih banyak bagi penduduk desa,” kata Suranto.

Maka dari itu, Pemdes Karanganya akan memberikan fasilitas yang dibutuhkan para petani, salah satu contohnya memperbaiki irigasi,  supaya para petani bisa mendapatkan air yang cukup untuk lahannya.

Namun, kata Suranto, mengingat penguasaan lahan per petani relatif sempit, maka pengembangan pertanian  bisa dilakukan melalui pendekatan kawasan (cluster), yaitu menggabungkan sentra‚Äźsentra pertanian yang terkait secara fungsional baik dalam faktor sumber daya alam, sosial budaya, maupun infrastruktur.

“Pendekatan kawasan dengan memanfaatkan keunggulan sumber daya lokal secara optimal berbasis inovasi teknologi, dan pemberdayaan SDM petani menjadi penting,” kata Suranto.  (her)

Sumber: