Yamaha_detail

KAI Daop 3 Cirebon Layani 103.343 Penumpang selama Lebaran

KAI Daop 3 Cirebon Layani 103.343 Penumpang selama Lebaran

MASA ANGKUTAN LEBARAN SELESAI. Masa angkutan Lebaran 2022 selesai tanggal 13 Mei akhir pekan lalu, PT KAI Daop 3 Cirebon melayani 103.343 penumpang selama masa tersebut. FOTO: ASEP SAEPUP MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - PT KAI Daop 3 Cirebon sudah selesai memberikan pelayanan pada masa Angkutan Lebaran 2022. Masa angkutan Lebaran untuk moda transportasi kereta api sendiri, dilaksanakan sejak tanggal 22 April atau H-10, sampai dengan H+10 Lebaran tanggal 13 Mei (Jumat, red) akhir pekan lalu.

 

PT KAI Daop 3 pun sudah melakukan evaluasi, dan menghitung data pelayanan terhadap penumpang, selama masa angkutan Lebaran 2022 ini, PT KAI di Daop 3 Cirebon mengangkut 103.343 penumpang.

 

"Jumlah tersebut 25 persen lebih tinggi dari yang diprogramkan. Prediksi kita hanya sebesar 82.795 penumpang," ungkap Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto.

 

Data penumpang yang dilayani, yang mencapai angka 103.343 tersebut, lanjut Suprapto, merupakan akumulasi dari para penumpang ada arus mudik dan arus balik Lebaran.

 

Secara umum, dijelaskan Suprapto, kondisi penumpang pada masa arus mudik sebelum Lebaran, mulai dari H-10 sampai H-1, didominasi para penumpang yang turun di wilayah Daop 3 Cirebon. Rata-rata, jumlahnya mencapai tiga sampai tujuh ribu penumpang setiap harinya.

 

"Rekor kedatangan penumpang tertinggi terjadi pada Sabtu tanggal 30 April, dengan jumlah 7.577 penumpang yang datang," lanjutnya.

 

Sedangkan untuk penumpang yang naik di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, masih dijelaskan Suprapto, didominasi pada masa arus balik Lebaran yang terhitung sejak H+1 sampai H+10 Lebaran, dengan jumlah rata-rata penumpang antara empat sampai sembilan ribu penumpang setiap harinya.

 

Untuk rekor tertinggi angka keberangkatan di wilayah Daop 3 sendiri, terjadi pada Kamis tanggal 5 Mei, atau H+2) Lebaran dengan jumlah penumpang mencapai angka 9.304 penumpang.

 

"Trennya, selama 22 hari masa angkutan Lebaran di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon. Sebelum Lebaran didominasi oleh penumpang yang turun, sementara masa setelah Lebaran didominasi oleh penumpang yang naik. Secara umum, penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2022 di wilayah KAI Daop 3 Cirebon berjalan Lancar, Aman dan Sehat, sesuai dengan harapan," jelasnya.

 

Ditambahkan Suprapto, tiket yang menjadi favorit masyarakat di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon selama masa angkutan Lebaran 2022 ini. Untuk tiket dari Cirebon ke arah kota dan daerah di wilayah timur, paling favorit diminati untuk berangkat mulai tanggal 27 April atau H-5, sampai 3 Mei atau H+2. Karena waktu tersebut termasuk periode arus mudik dengan okupansi rata-rata sudah mencapai 100 persen.

 

Sementara untuk tiket favorit lainnya, tiket penumpang dari Cirebon ke daerah-daerah di wilayah barat banyak dipilih tanggal keberangkatan pada 5 Mei atau H+4, sampai tangga 11 Mei.

 

"Periode itu sudah memasuki periode arus balik, dengan okupansi rata-rata sudah mencapai 98 persen. Kami ucapkan terima kasih kepada para pelanggan setia KAI, khususnya yang berada di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, atas kepercayaan dan kerja samanya dalam menggunakan jasa layanan transportasi kereta api selama masa angkutan Lebaran 2022 ini," tutupnya. (sep)

Sumber: