Jangan Hanya Dimaknai Seremonial Saja

Jangan Hanya Dimaknai Seremonial Saja

INSPEKTUR. Sekretaris Daerah Rinto Waluyo menjadi inspektur upacara peringatan Harkitnas ke-114 tingkat Kabupaten Indramayu, Jumat (20/5) di halaman Pendopo Indramayu.--

Perlu diketahui pula, kata dia, Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Selain itu, kelahiran Boedi Oetomo mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya. Seperti, Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, dan Muhammadiyah. 

"Kiranya semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa," tegasnya.

Di sisi lain, momentum Harkitnas ini dinilai semakin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. 

"Di tengah momentum penanganan nasional Covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr Sutomo untuk memperingati Harkitnas tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana menyampaikan, upacara peringatan Harkitnas tahun 2022 tingkat Kabupaten Indramayu dilaksanakan secara hybrid. 

Selain dilaksanakan di halaman Pendopo Raden Bagus Aria Wiralodra Indramayu, juga disaksikan oleh seluruh ASN di semua perangkat daerah, amat, lurah dan kuwu se-Kabupaten Indramayu secara langsung melalui live streaming. (tar)

Sumber: