800 Peserta Berebut Masuk SMK PGRI Jatibarang

800 Peserta Berebut Masuk SMK PGRI Jatibarang

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta Tahun Ajaran 2022/2023-Istimewa-

RAKYATCIREBON.ID, JATIBARANG-Sebanyak 800 peserta berebut mendapatkan kuota masuk pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2022/2023 di SMK PGRI Jatibarang. 

Untuk mendapatkan siswa baru sesuai kuota yang disediakan, tes seleksi dilaksanakan secara terjadwal dalam waktu sehari, Minggu (22/5).

Kepala SMK PGRI Jatibarang, Entin Suhartini SSos MA mengatakan, pada PPDB Tahun Pelajaran 2022/2023 pendaftar di sekolahnya kembali membludak. 

Proses pendaftaran yang diselenggarakan secara online itu mampu menjaring 800 calon siswa baru. "Tes pada seleksi ini dilaksanakan bertahap per sesi per jurusan," jelasnya.

Tes PPDB tahun ini tidak menyertakan bidang akademik, hanya wawancara dan baca Alquran. Dalam wawancara, pihaknya menggali motivasi, kedisiplinan, ketaatan, kepatuhan, dan peminatan. 

Menrurutnya, untuk baca Alquran yang tidak diberlakukan bagi non muslim tersebut, menjadi bagian identifikasi pengelompokan untuk pembinaan selanjutnya termasuk hafalan.

"Dari wawancara itu juga akan bisa diketahui. Jangan sampai ada pergaulan negatif seperti geng motor nanti memengaruhi anak-anak yang lain. Khusus tahun ini memang tidak ada tes akademik, karena menyesuaikan situasi," kata dia.

Disampaikannya, kuota yang disediakan pada PPDB tahun ini sebanyak 640 untuk 6 kompetensi keahlian dan terbagi dalam 16 rombel. 

Terdiri dari Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) 4 rombel, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) 3 rombel, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 3 rombel, Teknik Pemesinan (TPm) 2 rombel, Teknik Elektronika Industri (TEI) 2 rombel, serta Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) 2 rombel. 

"Masing-masing rombel 40 siswa plus cadangan. Tahun lalu jumlah pendaftar memang lebih banyak, ada satu ribu dengan kuota yang sama," sebutnya.

Keenam kompetensi keahlian itu masing-masing sudah menjadi binaan dunia usaha. Untuk TKJ binaan Axioo, TKRO binaan Daihatsu, TBSM binaan Yamaha, TPm binaan PT Cokro Gearindo, TEI binaan PT Cakra Tunggal Elektrindo, dan AKL binaan Bank Syariah Indonesia (BSI).

"Ada satu kompetensi keahlian baru, Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL tapi masih penjajagan. Kami masih melihat animo kedepan, utamanya masih enam," ungkapnya.

Entin menyebutkan, pada tahun ini SMK PGRI Jatibarang menjadi salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK). 

Ini merupakan program prioritas dari Direktorat PSMK Dirjen Vokasi Kemendikbudristek Republik Indonesia.

Sumber: