Damkar ke Desa Kamarang, Warga Diharapkan Mampu Padamkan Api Tanpa Petugas

Damkar ke Desa Kamarang, Warga Diharapkan Mampu Padamkan Api Tanpa Petugas

Sosialisasi petugas Damakr di Desa Kamarang, Greged, Kabupaten Cirebon.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cirebon mengelar sosialisasi pencegahan kebakaran yang sering terjadi di masyarakat.

Kegiatan sosialisasi itu digelar di Balai Desa Kamarang, Kecamatan Greged,  Selasa (24/05/2022).

Kepala Dinas  Damkar, Drs  H Abdulah Subandi MSi mengatakan,  tujuan  sosialisasi dan pelatihan ini agar masyarakat dan aparat desa tahu apa yang harus dilakukan ketika kebakaran terjadi.

Kebakaran terjadi bisa dimana saja dan penyebabnya karena apa saja. Contohnya di dapur rumah-rumah warga, di swalayan, atau dimana saja. “Aparat pemerintah desa harus tahu,” katanya Abdullah.

Lanjut Abdullah, kebakaran terjadi bukan karena musibah semata, tetapi  resiko yang tidak bisa  diprediksi kapan akan terjadi, tapi kebakaran dapat dicegah.

“Kami selaku petugas Damkar siap memadam Kebakaran siap melaksanakan tugas pemberdayaan masyarakat, dengan kegiatan membentuk suatu sistem kesiagaan atau ketahanan masyarakat dalam menghadapi bahaya kebakaran dan bencana lainnya,” katanya.

Harapan sosialisasi tersebut agar  sedemikian sehingga masyarakat mampu melakukan upaya pemadaman dini dan upaya penyelamatan, meskipun tanpa kehadiran petugas  pemadam kebakaran. (her)

Sumber: