Usai Vakum Dua Tahun, Car Free Day Kembali Dibuka

Usai Vakum Dua Tahun, Car Free Day Kembali Dibuka

KEMBALI DIBUKA Secara resmi, CFD kembali dibuka Bupati Kuningan, Acep Purnama di halaman Pendopo Pemkab Kuningan, Minggu (5/6).--

 

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN- Masyarakat di Kabupaten Kuningan menyambut gembira usai pemerintah daerah kembali membuka acara Car Free Day (CFD) pada Minggu (5/6). Secara resmi, CFD kembali dibuka Bupati H Acep Purnama di halaman Pendopo Pemkab Kuningan.

 

Sebab, selama hampir 2 tahun terakhir, pemerintah daerah melarang acara CFD akibat pandemi Covid-19. Lokasi CFD sendiri berada di sepanjang ruas jalan Siliwangi, yakni mulai dari Bundaran Cijoho Kuningan hingga kawasan Tamkot Kuningan.

 

Tampak antusiasme warga maupun pedagang, sebab kembali merasakan CFD. Mereka melakukan berbagai aktivitas saat pagi seperti bersepeda atau sekedar kulineran.

 

Bupati H Acep Purnama menyampaikan, sejak pandemi Covid-19 melanda selama 2 tahun terakhir, sejumlah kebijakan terpaksa dilakukan dalam pembatasan aktivitas di masyarakat. Namun saat kasus Covid-19 semakin melandai, kini beberapa kebijakan mulai dilakukan pelonggaran.

 

“Alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT, kemudian doa maupun ikhtiar perjuangan dan ketegaran kita bersama, bersatu padu melawan Covid-19, akhirnya membuahkan hasil yang tidak sia-sia. Kita rasakan sampai sekarang, yaitu semakin hari semakin menurun kasus keterjangkitan Covid-19 di Kabupaten Kuningan,” ungkapnya.

 

Oleh sebab itu, lanjut dia, kini Kabupaten Kuningan berada pada kriteria Level 1 yang telah ditetapkan dalam Instruksi Mendagri. Kriteria Level 1 artinya kegiatan masyarakat baik di pusat perbelanjaan, rumah makan, warung, tempat ibadah, pusat kebugaran, dan fasilitas umum lain dapat dilaksanakan dengan kapasitas 100 persen.

 

“Namun dengan catatan, tetap menerapkan Prokes Covid-19. Begitu pula dengan kegiatan Car Free Day hari ini,” imbuhnya.

 

Menurut Bupati Acep, CFD adalah suatu momentum yang memberikan banyak dampak positif bagi kemajuan daerah, khususnya di Kabupaten Kuningan.

 

“Banyak dampak positif dari CFD ini. Beberapa di antaranya bagi wisata, peningkatan UMKM, interaksi sosial, hingga peningkatan PAD Kuningan pasca pandemi,” ucapnya.

 

Dirinya berpesan, agar masyarakat memanfaatkan CFD sebagai ruang publik untuk melakukan berbagai kegiatan positif seperti olahraga, usaha atau berdagang, berkesenian maupun hiburan. Hanya ditekankan, tetap memperhatikan Prokes Covid-19.

 

“Semua masyarakat yang melakukan CFD, agar tetap menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, jagalah fasilitas umum dengan baik. Seluruh aparatur yang bertugas dalam pengamanan CFD, saya ucapkan selamat bertugas kembali untuk membantu menjaga ketertiban dan kelancaran pelaksanaan Car Free Day,” pungkasnya.(bud)

 

 

 

 

 

Sumber: