Kemensos Bantu Kepulangan Pekerja Bermasalah

Kemensos Bantu Kepulangan Pekerja Bermasalah

RESPONS. Tim Kemensos RI dan Dinsos Indramayu mengunjungi kediaman Daenah di Blok Warisan RT 2/1, Desa Pranggong, Kecamatan Arahan, Kabupaten Indramayu. --

“Daenah melaporkan ke KBRI di Abu Dhabi dengan pendampingan Ikatan Pekerja Migran Indonesia. Daenah termasuk keluarga tidak mampu,” sebutnya.

Terhadap kondisi yang dialami Daenah, pemerintah telah memberikan dorongan berupa bantuan sosial kepada keluarganya. Juga akan berupaya memfasilitasi kepulangan Daenah ke Indramayu.

“Tim Kemensos RI memberikan bantuan atensi. Yaitu sembako serta nutrisi anak pada keluarga Daenah di Indramayu. Dan akan memfasilitasi pemulangannya melalui KBRI di Abu Dhabi,” ucapnya.

Sementara itu, beredar sebuah rekaman video Daenah berdurasi 45 detik yang meminta tolong kepada Bupati Indramayu, Nina Agustina agar bisa memulangkan ke kampung halamannya. Daenah juga sempat menunjukkan kondisi tangannya yang mengalami patah tulang.

Kabarnya, Daenah berangkat ke negara Timur Tengah dikirimkan oleh penyalur secara unprosedural. Sehingga untuk bisa pulang ke tanah air harus membayar tiket pesawat secara mandiri sebesar Rp18 juta. 

Sedangkan ia tidak memiliki uang untuk membayarnya, dan keluarganya yang merupakan petani kecil tidak sanggup menebus harga tiket tersebut. (tar)

Sumber: