Dani Siap Maju Jadi Cawalkot Jika Target Pileg Terpenuhi

Dani Siap Maju Jadi Cawalkot  Jika Target Pileg Terpenuhi

Dani Mardani, Ketua DPD PAN Kota Cirebon--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sedikit demi sedikit, misteri terkait nama-nama yang diprediksi bakal berlaga di Pilkada Kota Cirebon mulai terkuak. Sejumlah pimpinan parpol secara terang-terangan mengaku siap jika memang partai mengusungnya untuk bertarung pada perhelatan pemilihan kepala daerah.

Seperti Ketua DPC Partai Gerindra Kota Cirebon, H Eman Sulaeman menegaskan, sebagai ketua partai, dirinya siap jika ke depan didorong maju. Meskipun nantinya tetap akan mengukur kapasitas pribadi.

Kemudian di PDIP, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu, Cicip Awaludin secara tegas terbuka menyatakan, ada satu nama yang dipastikan diusung PDIP, yakni ketua DPC, Fitria Pamungkaswati.

Di Partai Golkar, sesuai dengan pleno yang sudah dilaksanakan, ada lima yang direkomendasikan kepada DPP untuk maju di Pilkada 2024.

Berbeda dengan Partai Golkar yang sudah blak-blakan merekomendasikan lima nama, Partai Amanat Nasional (PAN) masih malu-malu membocorkan nama-nama potensial yang sudah masuk dalam radarnya.

Padahal, Ketua DPD PAN Kota Cirebon, Dani Mardani mengatakan, untuk pilkada, PAN sudah mengantongi beberapa nama. Dan itu akan dibahas secara serius di internal partainya.

"PAN sudah mengantongi nama potensial, baik kader internal maupun figur eksternal untuk Pilkada Kota Cirebon yang akan kita godok di internal," ungkap Dani kepada Rakyat Cirebon.

Namun demikian, ia pun enggan membeberkan nama-nama potensial yang dimaksud. "Berkaitan nama masih kami rahasiakan. Belum kami ekspos. Nanti kalau waktunya pas akan kami kabari ke media," lanjutnya.

Ditanya apakah nama-nama potensial yang sedang digodok tersebut termasuk dirinya, yang notabene merupakan orang nomor satu di DPD PAN Kota Cirebon, ia pun tak menampik. Hanya saja, ia mengukur diri dengan perolehan suara PAN pada Pileg 2024 mendatang.

"Jika pada pemilu legislatif nanti DPD PAN mencapai target perolehan kursi di DPRD, dan jika ditugaskan oleh partai, sebagai kader harus siap untuk ikut di perhelatan Pilkada 2024," jelasnya.

Sementara ini, terkait kesiapan PAN menjelang tahun 2024, dijelaskan Dani, PAN akan fokus pada pemilu legislatif dan pilpres terlebih dahulu. Untuk pileg sendiri, khususnya di Kota Cirebon, DPD PAN menargetkan 1 kursi untuk setiap dapil. Dengan skema, jika KPU Kota Cirebon memutuskan 5 daerah pemilihan (Dapil).

Langkah-langkah yang saat ini tengah dilakukan, kata Dani, PAN melakukan penguatan struktur dari tingkat DPD hingga rayon, sampai saksi untuk di TPS.

"Rekrutmen caleg berkualitas yang memiliki modal sosial dan financial kuat. Kemudian konsolidasi dan kerja-kerja politik partai secara total untuk memperoleh kepercayaan dan dukungan masyarakat," tukas Dani.

Sebelumnya, diberitakan Rakyat Cirebon, Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Cirebon, Agung Supirno mengatakan, Golkar sudah merekomendasikan lima nama hasil pleno DPD Partai Golkar Kota Cirebon. Dan sudah diserahkan dalam bentuk rekomendasi kepada DPP Partai Golkar, melalui DPD Partai Golkar Jabar.

"Untuk pilkada, sesuai dengan hasil pleno, kami sudah merekomendasikan 5 nama. Mereka itu ditetapkan sebagai bakal calon kepala daerah. Sudah kita kirim ke DPP Partai Golkar melalui DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat," ungkap Agung.

Lima nama yang sudah disepakati dan direkomendasikan ke DPP untuk maju di Pilkada 2024, adalah Ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon Andrie Sulistio, Sekretaris DPD Agung Supirno, Bendahara DPD  Ana Susanti, Ketua PDK Kosgoro 1957 Kota Cirebon Effendi Edo, serta Ketua Dewan Pertimbangan Partai, Heri Hermawan. (sep)

Sumber: