Yamaha_detail

KAI DAOP 3 Cirebon Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Libur Sekolah

KAI DAOP 3 Cirebon Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Libur Sekolah

ANTISIPASI LONJAKAN. PT KAI Daop 3 Cirebon mulai mempersiapkan antisipasi lonjakan penumpang jelang libur sekolah mendatang. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Tahun ajaran 2021-2022 sudah berakhir. Libur sekolah pun segera tiba. Dan seperti libur sekolah sebelumnya, diprediksi kondisi jumlah penumpang KA akan kembali mengalami peningkatan.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto menyampaikan, pada masa pemulihan pasca pandemi di tahun 2022 ini, kondisi penumpang KA di hari-hari biasa terus mengalami peningkatan. Sehingga pada momen libur nanti, diprediksi peningkatan akan lebih signifikan.

"Penumpang kita terus meningkat. Kali ini, kita prediksi di akhir Juni 2022 akan menggalami peningkatan, seiring adanya liburan sekolah," ungkap Suprapto.

Untuk mengantisipasi prediksi lonjakan tersebut, lanjutnya, selama periode libur sekolah tanggal 24 sampai 30 Juni mendatang, di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon akan terdapat rata-rata 99 perjalanan KA jarak jauh yang beroperasi setiap hari.

Sebanyak 99 perjalanan KA jarak jauh tersebut, terdiri dari lima perjalanan KA yang pemberangkatan awalnya dari stasiun di Daop 3 Cirebon. Yakni empat perjalanan KA Argo Cheribon relasi Cirebon – Jakarta, dan satu perjalanan KA Ranggajati relasi Cirebon – Surabaya – Jember.

Sementara sisanya, adalah 94 perjalanan KA yang pemberangkatan awalnya dari wilayah Daop yang lainnya, seperti Jakarta, Semarang, Purwokerto, Jogjakarta, Surabaya dan Bandung, dan hanya melintas  di Daop 3 Cirebon.

"Kita antisipasi dengan menyiapkan beberapa KA," ucapnya.

Saat ini, persyaratan penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan moda transportasi kereta api masih sesuai dan merujuk pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 57 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tertanggal 18 Mei 2022.

Menurut SE tersebut, pelanggan KA Jarak Jauh yang telah mendapatkan vaksin kedua dan vaksin ketiga (booster) tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Tes Antigen pada saat proses boarding.

Peraturan ini berlaku sejak mulai tanggal 18 Mei 2022, dan akan terus berlaku sampai waktu yang ditentukan kemudian. Dan akan dievaluasi sesuai kebutuhan.

"Pelanggan yang akan menggunakan jasa layanan KA dalam masa liburan sekolah ini, kita imbau agar melengkapi persyaratan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Apabila tidak melengkapi persyaratannya, maka akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya," kata Suprapto. (sep)

Sumber: