Hendak Bikin Musalah, Warga Temukan Makam Pendiri Desa Sarwadadi

Hendak Bikin Musalah, Warga Temukan Makam Pendiri Desa Sarwadadi

DITEMUKAN. Makam diduga persemayaman Ki Buyut Sarwa ditemukan warga tanpa sengaja saat menebang hutan bambu untuk pembangunan Musalah Indrapahasta Darussalam.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sebuah makam kuno diduga tempat persemayaman Ki Buyut Sarwa ditemukan warga saat menebang hutan bambu untuk pembangunan musalah, Minggu (26/6). Ki Buyut Sarwa diyakini merupakan pendiri Desa Sarwadadi, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon. 

Penemu makam Ki Buyut Sarwa, Gus Muhammad Alhusaeni membenarkan, penemuan makam tersebut tanpa sangaja. Awalnya, warga berencana membangun Musalah Indrapahasta Darussalam. 

Di dekat lokasi pembangunan musalah terdapat rumpun bambu yang rimbun. Warga menebang bambu untuk dimanfaatkan sebagai material bangunan. Setelah sebagian bambu ditebang, sebuah makan kuno tampak. 

BACA JUGA:1 Orang Dilaporkan Hilang pada Kecelakaan Bus Masuk Jurang di Tasikmalaya

Jarak makam dari lokasi pembangunan musalah sekira 15 meter ke arah depan. Sebelum ditemukan makam tersebut tertimbun longsoran tanah dan tertutup semak belukar bebatuan.

"Makam keramat ini di temukan nggak sengaja ketika babad alas untuk pembangunan Musalah Indraprahasta Darussalam yang berlokasi di dekat Situs Sumur Kuno Batu Hanjuang Blok Hanjuang, Desa Sarwadadi," ujar Gus Muhammad.

Gus Muhammad menambahkan, beberapa waktu sebelum penemuan makam, warga Desa Sarwadadi bernama Ato sering bermimpi bertemu dengan sosok Ki Buyut Sarwa. Dalam mimpinya, Ato diingatkan agar sering berziarah ke makam Ki Buyut Sarwa. 

BACA JUGA:Perpisahan Penuh Kenangan, Kepsek Senang, Orang Tua Murid Bangga

"Menurut warga sekitar yang dekat rumahnya dengan lokasi penemuan makam, sebut saja namanya Ato yang sering ditemui lewat mimpi oleh Ki Buyut Sarwa tersebut agar sering ziarah ke makamnya. Namun Ato bingung karena tidak tau makamnya dimana," kata Gus Muhammad. 

Menurut Gus Muhammad, Ato meyakini makam tersebut merupakan tempat disemayamkannya Ki Buyut Sarwa yang dia temui dalam mimpi. Nama Ki Buyut Sarwa pun mirip dengan nama Desa Sarwadadi.

Di lain sisi, kata Gus Muhammad, situs makam Ki Buyut Sarwa menambah penemuan situs kuno di Desa Sarwadadi. Hal itu kian mempertebal keyakinan bahwa jejak peninggalan Kerajaan Kuno Indraprahasta masih ada Desa Sarwadadi. 

BACA JUGA:Selingkuhi Istri Sesama Polisi, Kasat Lantas Way Kanan Dicopot dan Menanti Sanksi Tegas

Karena baru ditemukan, perawatan situs makam Ki Buyut Sarwa masih dilakukan apa adanya dengan memagari area makam dengan bambu. "Perawatan sementara hanya membersihkan lokasi dan dikasih tanda dengan bambu-bambu seadanya," pungkasnya. (wan)

Sumber: