Kesenian Cirebon Diberi Panggung di Pagelaran Seni Jogja

Kesenian Cirebon Diberi Panggung di Pagelaran Seni Jogja

BAKAL TAMPIL. Sanggar Seni Tari Kencana Ungu asal Mertasinga, Gunungjati, Kabupaten Cirebon bakal tampil pada pagelaran seni di GOR Mbah Joyo Center, Sabtu (2/7).--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Kesenian khas Cirebon diberi panggung di Yogyakarta. Momen itu bakal terjadi pada Sabtu (2/7) di GOR Mbah Joyo Center, Jalan Sepi Angin, Grojogan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Seorang tokoh Yogyakarta, Mbah Joyo bakal mengadakan walimatul khitan anak bernama Patria Bagus Putra Jaya. Guna memeriahkan acara tersebut, Mbah Joyo mengadakan pagelaran seni.

Uniknya, pagelaran seni bakal diisi oleh  Sanggar Seni Tari Kencana Ungu asal Mertasinga, Gunungjati, Kabupaten Cirebon. 

BACA JUGA:LKPM Permudah Pelaku Usaha Lapor Nilai Modal

Pangeran Heri Irnawan MA mengatakan, Mbah Joyo merupakan tokoh sukses di Yogyakarta. Asalnya dari Cirebon dengan nama asal Sutrajaya. 

Itulah yang mendasari Mbah Joyo antusias menampilkan kesenian khas Cirebon di acara keluarganya.

"Ada teman di Yogya yang mengajak untuk pagelaran. Bersyukur masih ada yang peduli orang Cirebon yang di luar Cirebon, khususnya Jogja," kata Pangeran Heri.

Menurut Heri, selain Mba Joyo masih banyak orang Cirebon berdomisili di luar Cirebon yang masih peduli kelestarian kesenian khas Cirebon.  "Orang Cirebon yang di luar aja bisa. Apalagi orang Cirebon yang di Cirebon," katanya.

BACA JUGA:Perpisahan Penuh Kenangan, Kepsek Senang, Orang Tua Murid Bangga

Pimpinan Sanggar Seni Tari Kencana Ungu, Elang Panji Jaya Prawirakusuma mengatakan, ada sejumlah pertunjukan yang bakal ditampilkan di GOR Mbah Joyo Center, Sabtu mendatang.

"Yakni tari topeng Kelana dan Samba, tari wayang Indrajit dan Jayeng Rana, gamelan tayuban dan organ tunggal. Masing-masing ditampilan sesuai agenda acara," kata Elang Panji. 

Guna mematangkan pertunjukan, terlebih dahulu digelar gladi resik bagi penari dan nayaga yang bakal tampil. Gladi resik digelar di Sanggar Seni Tari Kencana Ungu mulai Selasa (28/6). 

BACA JUGA:Berdayakan Masyarakat Pesisir Kanci Kulon, Cirebon Power Raih PDB Award 2022

Menurut Elang Panji, rombongan bakal berangkat ke Jogja pada Jumat petang (1/7). Dengan tujuan Sabtu pagi (2/7) sudah berada di GOR Mbah Joyo Center dan siap tampil. 

Sumber: