Kolaborasi Kadin-Telkom Siap Kembangkan UMKM dari Sisi Digital

Kolaborasi Kadin-Telkom Siap Kembangkan UMKM dari Sisi Digital

KOLABORASI. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cirebon memperluas jejaring kerja sama. Kali ini, Telkom Wilayah Telekomunikasi (Witel) Cirebon menjadi mitra Kadin Kota Cirebon dalam hal pengembangan UMKM dari sisi digital. --

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cirebon memperluas jejaring kerja sama. Kali ini, Telkom Wilayah Telekomunikasi (Witel) Cirebon menjadi mitra Kadin Kota Cirebon dalam hal pengembangan UMKM dari sisi digital. 
 
Hal itu merupakan bentuk dari implementasi nota kesepahaman yang ditandatangani Ketua Kadin Kota Cirebon, Ismayasari dan GM Telkom Witel Cirebon, Ferry Zuljanna di Kantor Telkom, Jalan Pagongan No 11, Kota Cirebon, Jumat (15/7).
 
Ketua Kadin Kota Cirebon, Ismayasari mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman antara Kadin Kota Cirebon dan Telkom Witel Cirebon merupakan turunan dari MoU Kadin Jawa Barat dan Telkom Jawa Barat. 
 
Di level daerah, Kadin Kota Cirebon dan Telkom Witel Cirebon masing-masing punya program yang bisa disinergikan. Antara lain bisnis digital, pemanfaatan digital bagi UMKM serta program kepariwisataan. 
 
"Ini turunan dari MoU Kadin Jawa Barat dengan Telkom Jawa Barat. Kalau di level Kota Cirebon itu sudah ruang lingkup ke teknis pelaksanaan apa yang bisa dikolaborasikan bersama," jelas Ismayasari. 
 
 
Menurut Ismayasari, banyak bentuk kegiatan sebagai hasil kerja sama Kadin Kota Cirebon dan Telkom Witel Cirebon. Misalnya mengadakan pelatihan bagi UMKM agar terampil memanfaatkan digital agar mendulang omzet yang optimal. 
 
Sementara itu, GM Telkom Witel Cirebon, Ferry Zuljanna  melalui Manager Business and Enterprise Telkom Witel Cirebon, Monica Dewi menuturkan, Telkom juga aktif melalukan pembinaan UMKM. Hal itu sebagai bagian dari tanggung jawab sosial BUMN kepada masyarakat.
 
"Telkom selaku BUMN punya arahan dari Kementerian BUMN bahwa Telkom punya kewajiban membina UMKM," jelas Monica. 
 
 
Dia menuturkan, dengan menggandeng Kadin, pembinaan UMKM oleh Telkom diharapkan makin optimal. "Ruang lingkupnya mencakup dukungan kedua belah pihak antaran Kadin dan Telkon. Harapannya bisa ada realisasi ril dalam arti Telkom selaku perusahaan ICT bisa mendukung digitalisasi UMKM," jelas Monica. 
 
Di sisi lain, keberadaan Kadin juga diharapkan berpengaruh positif bagi bisnis Telkom. "Kami berharap Kadin siap bantu Telkom dari sisi bisnisnya baik dari B to B maupun menghubungkan ke pelaku usaha," katanya. (wan)

Sumber: